Idul Adha 1445 H, Khotib Menggugah Jama’ah Masjid Annor untuk Berqurban

Ustadz Abdul Qoyyim: Sebagian dari Milik Kita, Tidak Semuanya

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Sekitar seribuan jama’ah memenuhi Masjid Annoor di Kelurahan Pelita, Samarinda, Kaltim, untuk melaksanakan Shalat Idul Adha 1445 Hijriyah, Senin (17/6/2024) pagi.

Jama’ah yang terdiri dari orang tua hingga anak-anak, baik wanita maupun pria tidak hanya memenuhi lantai 1 hingga lantai 2, namun juga meluber hingga halaman Masjid yang terletak di RT 06, Kelurahan Pelita.

Dalam laporannya sebelum pelaksanaan Shalat Idul Adha 1445 Hijriyah, Panitia Pengumpulan Hewan Qurban menyampaikan tahun ini terdapat 6 ekor Sapi yang akan disembelih. 5 ekor merupakan hasil urunan warga sekitar Masjid Annoor, sedangkan 1 ekor merupakan Hewan Qurban pribadi dari seorang warga.

Selain Hewan Qurban Sapi, Panitia Pengumpulan Hewan Qurban juga menyampaikan telah menerima Hewan Qurban 3 ekor Kambing. Hewan-Hewan Qurban tersebut, selanjutnya akan dipotong di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Ruminansia di Tanah Merah untuk selanjutnya dibagikan kepada warga di sekitar Masjid Annor seperti beberapa tahun sebelumnya.

Tahun lalu, Panitia Pengumpulan Hewan Qurban Masjid Annor mengumpulkan 7 ekor Sapi. Dimana 6 ekor dari hasil patungan warga, sedangkan 1 ekor merupakan sumbangan dari Wakil Gubernur Kaltim kala itu, Hadi Mulyadi.

Khotib Shalat Idul Adha 1445 Hijriyah di Masjid Annoor Kelurahan Pelita Ustadz Abdul Qoyyim dalam Khotbahnya, terkait Hari Raya Qurban ini mendorong jama’ah untuk berqurban jika memiliki kemampuan.

Iapun menukil kisah perjuangan Nabi Ibrahim AS membuktikan keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah Swt, dengan mengikuti perintah Allah Swt agar menyembelih putra kesayangannya Nabi Ismail AS.

“Kita hanya disuruh menyembelih Domba, Kambing, Sapi, Unta. Sebagian dari milik kita, tidak semuanya. Mudah-mudahan kita yang diberi kemampuan Allah Subahana Wata’alah mampu untuk berqurban,” kata Ustadz Abdul Qoyyim.

Baca Juga:

Pada bagian awal khutbahnya, ia berharap jama’ah bisa mempertahankan bahkan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt. Karena hanya itulah, yang menjadi bekal apa bila telah meninggal dunia.

“Kita senantiasa bermohon kepada Allah Azzawajallah agar Allah selalu berkenan membimbing kita, memberikan hidayah kepada kita, memberikan kemampuan kepada kita kemauan untuk selalu berzikir, ingat beribadah mendekatkan diri kepada Allah Subahana Wata’alah,” kata Ustadz Abdul Qoyyim.

Rangkaian pelaksanaan ibadah Shalat Idul Adha 1445 Hijriyah di Masjid Annoor Kelurahan Pelita, Samarinda, secara keseluruhan berlangsung dengan aman dan lancar di bawah cuaca yang cerah. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: LVL

(Visited 41 times, 1 visits today)
Abdul QoyyimKelurahan PelitaMasjid Annoor
Comments (0)
Add Comment