PT Insani Baraperkasa Panen Raya Tanaman Holtikultura Bersama Gapoktan Binaan

Nilzam Berharap Keberadaan Perusahaan Berdampak Positif

DETAKKaltim.Com, LOA JANAN: PT Insani Baraperkasa melalui Program PPM/CSR bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Purwajaya, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, bersinergi dalam pemanfaatan lahan tidur yang ada di sekitar area tambang, khususnya untuk pengembangan tanaman Holtikultura.

External Manager Mohamad Nilzam beserta Tim PPM/CSR PT Insani Baraperkasa, Kepala Desa Purwajaya, Pemerintah Kecamatan Loa Janan, Perwakilan BPPSDMP dan DPTPH Provinsi Kaltim, serta Perwakilan Bidang Usaha dan Peternakan Kabupaten Kukar, didampingi Ketua Gapoktan Purwajaya Eko Iswoyo beserta anggota kelompok petani dalam panen raya. (foto: Exclusive)

Senin, 20 Mei 2024 dilakukan kegiatan “TEMU TANI bersama MITRA TANI dan PANEN RAYA“, yang dihadiri External Manager Mohamad Nilzam beserta Tim PPM/CSR PT Insani Baraperkasa, Adi Sucipto selaku Kepala Desa Purwajaya, dan Pemerintah Kecamatan Loa Janan.

Selain itu, juga hadir Perwakilan dari BPPSDMP Provinsi Kaltim, Perwakilan Bidang Usaha dan Peternakan Kabupaten Kutai Kertanegara, Perwakilan Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kaltim yang didampingi Ketua Gapoktan Purwajaya Eko Iswoyo beserta anggota kelompok petani.

Dalam pertemuan itu, Adi Sucipto menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT Insani Baraperkasa yang telah membina dan memberi kesempatan kepada Gapoktan untuk budidaya tananam Holtikultura.

 “Berharap ke depan perusahaan juga bisa memberikan kesempatan untuk bidang lainnya seperti Peternakan dan Perikanan, disamping itu juga agar bisa dibantu disediakan fasilitas jalan ke kebun untuk membawa hasil panen,” kata Adi berharap.

Pada panen tanaman Hortikultura kali ini, Gapoktan Desa Purwajaya menghasilkan panen yang cukup banyak hingga lebih 10 Ton.

“Produksi masa panen saat ini untuk semangka mencapai 12 Ton dan Tomat 13 Ton,” ungkap Eko. 

Pada kesempatan yang sama, dilakukan pula semacam kegiatan penyuluhan dan diskusi tanya jawab dari  perwakilan instansi pemerintah. Baik dari Kabupaten maupun Provinsi, perwakilan Perusahaan, Ketua Gapoktan Purwajaya, serta para kelompok tani dari desa-desa yang ada di Kecamatan Loa Janan yang turut hadir pada kesempatan tersebut.

Baca Juga:

Melalui program ini, PT Insani Baraperkasa melakukan pembinaan kepada kelompok petani setempat, untuk mengembangkan usaha pertanian dengan skala mikro. Melalui tanaman hortikultura seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, yang mana tanaman ini memliki nilai ekonomi yang tinggi.

“PT Insani Baraperkasa juga menggandeng beberapa perguruan tinggi setempat, diantaranya adalah Politeknik Pertanian Negeri Samarinda dan Politeknik Negeri Samarinda. Dimana salah satu programnya adalah melakukan penelitian mengenai pemanfaatan limbah pertanian menjadi pupuk organik, dan penyuluhan kepada petani agar mulai beralih dari pupuk kimia menjadi pupuk organik, disamping lebih hemat tapi juga ramah lingkungan,” kata Mohamad Nilzam

Menutup sambutannya pada kegiatan itu, Nilzam berharap keberadaan PT Insani Baraperkasa memberikan dampak positif kepada masyarakat.

“Semoga keberadaan Perusahaan dapat membawa dampak positif terhadap warga sekitar, khususnya peningkatan perekonomian.” kata Nilzam menandaskan. (DETAKKaltim.Com)

Sumber: Rilis

Editor: Lukman

(Visited 120 times, 1 visits today)
Insani BaraperkasaMohamad Nilzamtanaman Holtikultura
Comments (0)
Add Comment