Kukar Kaya Festival, JKT 48 Guncang Panggung Wonderful Kukar 2023

Angkat Perekonomian UMKM Kutai Kartanegara

DETAKKaltim.Com, KUTAI KARTANEGARA: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) di bawah kendali pasangan Bupati-Wakil Bupati Edi Damasyah-Rendi Solihin melaksanakan salah satu dari dua puluh tiga Program Dedikasinya berupa Program Kukar Kaya Festival, Sabtu (2/12/2023) hingga Minggu (3/12/2023).

Kegiatan yang digelar di kawasan Tenggarong Seberang, tepatnya di L3 Bangun Rejo, disambut antusias masyarakat yang datang dari berbagai penjuru. Bukan hanya dari kawasan Kukar, namun juga datang dari Samarinda dan Balikpapan.

Animo masyarakat terutama dari kalangan remaja yang begitu tinggi hadir ke tempat itu, lantaran hadirnya JKT 48 di Wonderful Kukar 2023, Sabtu (2/12/203) malam.

Kawasan yang biasanya sepi itu mendadak ramai, lapangan L3 Bangun Rejopun penuh sesak. Para remaja ini datang berbondong-bondong, dengan mengenakan berbagai aksesoris unik.

Sebut saja Riski (19), datang dari Balikpapan bersama teman-temannya menggunakan motor, demi menyaksikan Gabriella dan kawan-kawan.

“Eventnya keren, senang bisa melihat lebih dekat member JKT 48, apalagi acaranya gratis, senang bangetlah pokoknya,” kata Riski bersemangat.

Kehadiran JKT 48 memang membawa kebahagiaan dan kegembiraan, tidak hanya bagi Wota -sebutan untuk fans JKT 48-, namun kebahagiaan juga dirasakan banyak pihak. Baik masyarakat sekitar, pelaku UMKM, pedagang, tukang parkir, hingga panitia penyelenggara.

Baca Juga:

Seorang pedagang bernama Jauhari (43) yang berjualan Pentol, Sosis, dan Telur Gulung mengaku sangat senang dengan adanya Wonderful Kukar 2023, terutama dengan hadirnya JKT 48 sebagai daya tarik utama event tersebut.

“Alhamdulillah, saya jualan dari sore, sudah habis sebelum Isya (19:15 Wita),” ungkap Jauhari.

Wahyudi (47) juga merasakan hal yang sama, lapak parkiran yang dijaganya penuh. Pada kesempatan itu, ia mematok tarif parkir seharga Rp5 Ribu per kendaraan roda dua.

Karena ini kan ada event besar, dan tidak setiap hari juga. Makanya saya naikkan harganya, yang biasanya Rp2 Ribu jadi Rp 5 Ribu,” beber Wahyudi.

Iapun meyakinkan meski tempat parkir penuh namun tetap aman.

“Penuh ini, insya Allah aman. Semua kendaraan saya jaga sampai pemiliknya datang, yang penting Helm dimasukkan di Jok, atau paling tidak digantung di Jok juga,” imbuhnya.

Selaras dengan target Pemkab Kukar untuk memberikan multiplier effect (efek berganda) dari kegiatan festival ini, efek positif diakui dirasakan masyarakat.

Rendi Solihin, Wakil Bupati Kukar membenarkan hal tersebut. Ia menegaskan seluruh event yang diselenggarakan Pemkab memang diperuntukan bagi peningkatan perekonomian masyarakat, selain sebagai hiburan rakyat.

“Artinya, hiburannya kita dapat, perekonomian juga meningkat. Ini tidak hanya berefek terhadap UMKM, pedagang sekitar di lokasi acara, tapi hingga ke penginapan, hotel di Tenggarong. Dan yang terpenting semuanya bisa bahagia, bergembira bersama, apalagi yang tampil hari ini JKT 48, pokoknya semua genre, aliran musik, kita datangkan ke Kukar,” jelas Rendi.

Rendi mengungkapkan, Kukar Kaya Festival akan kembali dilanjutkan pada 2024 dengan acara yang lebih meriah.

“Dengan animo masyarakat seperti ini, selalu penuh setiap event yang kami gelar, tentu harus dilanjutkan tahun depan. Insya Allah ini berkelanjutan, dengan konsep baru yang lebih menarik tentunya.” tandas Rendi. (DETAKKaltim.Com/ADV/ProKom Kukar)

Penulis: LVL

(Visited 134 times, 1 visits today)
Edi DamansyahJKT 48Rendi SolihinWonderful Kukar
Comments (0)
Add Comment