Kakanwil V KPPU Balikpapan Kunjungi Rumah Produksi Jahe di Loa Kulu

KPPU Balikpapan Dorong Kemitraan Sehat

DETAKKaltim.Com, LOA KULU: Rumah Produksi Bersama (RBP) Jahe di Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kulu, telah berdiri. RPB ini merupakan salah satu Major Project Sentra UMKM yang diinisiasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM, dibangun untuk memberdayakan Petani Jahe Desa Jonggon Jaya dan sekitarnya.

KPPU menyambut baik keberadaan RPB tersebut. Dalam kunjungannya, Kanwil V KPPU Balikpapan menemukan fakta bahwa meskipun mesin telah terpasang semua namun RPB ini belum dapat beroperasi karena terkendala masalah administrasi.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) V KPPU Balikpapan FY Andriyanto mendorong agar permasalahan administrasi dapat segera diatasi, sehingga keberadaan RPB ini dapat segera dinikmati oleh masyarakat.

“Kami akan melakukan pengawasan dan koordinasi dengan Pemda untuk memastikan bahwa pelaksanaan kemitraan antara Petani dengan usaha besar, dilaksanakan sesuai prinsip kemitraan yang saling memperkuat dan menguntungkan” kata Andriyanto.

Baca Juga:

Dukungan dari Pemkab Kutai Kartanegara sudah sangat bagus, terlihat dari kondisi infrastruktur yang memadai dan pendampingan dari Dinas Koperasi dan UKM Kutai Kartanegara dalam pembentukan Koperasi Petani.

Saat ini Kelompok Petani telah membentuk Koperasi Anugerah Jonggon Lestari, sebagai wadah Petani mengelola RPB. Selanjutnya Koperasi ini yang akan membeli Jahe hasil produksi Petani dan menjual hasil olahan Jahe yang dihasilkan oleh RPB. (DETAKKaltim.Com)

Sumber: Rilis

Editor: Lukman

(Visited 92 times, 1 visits today)
FY AndriyantoJonggon JayaKPPU BalikpapanRBP Jahe
Comments (0)
Add Comment