Wakil Ketua DPRD Kaltim Ucapkan Selamat Hari Ibu

Samsun : Kualitas Ibu Modal Kemajuan Bangsa

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : 22 Desember menjadi momen penting bagi Bangsa Indonesia dimana diperingati sebagai Hari Ibu nasional.

Sejarah peringatan Hari Ibu diawali pada Tahun 1928 lalu, saat para pejuang wanita Indonesia dari tanah Jawa dan Sumatera berkumpul mengadakan Konggres Perempuan Indonesia Pertama di Yogyakarta.

Gedung Mandalabhakti Wanitatama di Laksda Adisucipto, Yogyakarta, menjadi bukti sejarah berkumpulnya 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Pulau Jawa dan Sumatera.

Beberapa agenda utama Kongres Perempuan Indonesia I meliputi, peranan perempuan dalam perjuangan kemerdekaan, peranan perempuan dalam berbagai aspek pembangunan bangsa, perbaikan gizi dan kesehatan bagi ibu dan Balita, hingga pernikahan usia dini bagi perempuan,

Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur Muhammad Samsun mengatakan, berbicara tentang ibu adalah bagaimana meningkatkan kualitas sumber daya manusianya, karena ibu merupakan kunci pendidikan mendasar bagi anak-anak bangsa.

Tema Hari Ibu Tahun 2022 sendiri yakni ‘Perempuan Berdaya Indonesia Maju’. Maka dapat dipahami sebagai ibu yang kuat maka Indonesia akan berjaya.

Bagi Samsun, terkait dengan kaum perempuan hari ini di Indonesia sudah banyak mendapatkan kesempatan luas dibandingkan sebelumnya. Kesempatan dalam arti semua kehidupan, termasuk demokrasi.

“Kita lihat di peraturan pemerintah atau peraturan politik saja, bahwa perempuan telah mendapatkan kualifikasi khusus. Yakni untuk pencalegkan perempuan minimal harus 30 persen. Berbeda dengan kaum laki-laki, yang tidak ada ketetapan khusus,” kata Samsun, Jum’at (23/12/2022).

Baca Juga :

Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI Perjuangan) ini menilai, dengan adanya aturan kualifikasi tentu sangat menguntungkan bagi kaum perempuan.

“Jadi kesetaraan gender, kesetaraan perempuan, kesempatan untuk perempuan itu semakin terbuka luas. Seharusnya tidak hanya dapur, kasur, dan sumur tetapi sudah jauh lebih bergairahlah Perempuan Indonesia,” tegasnya.

Pemerintah sejatinya, lanjut Samsun yang terpilih dari Daerah pemilihan Kutai Kartanegara, tidak lepas tangan melainkan memberikan kesempatan peluang seluasnya. Kemudian tinggal bagaimana kaum perempuan bisa memanfaatkannya atau tidak.

Meski demikian, masih kata Samsun, pemerintah melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, sudah semestinya terus memberikan sosialisasi kesempatan agar wanita semakin berjaya di Indonesia.

“Selamat Hari Ibu. Sekali lagi pendidikan yang paling mendasar itu adalah pendidikan keluarga, dimana peran ibu sangat penting dalam pendidikan mendasar. Sehingga kualitas seorang ibu adalah menentukan kualitas bangsa Indonesia ke depan.” tutup Samsun. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Ij

Editor   : Lukman

(Visited 11 times, 1 visits today)
dprd kaltimHari IbuSamsun PDIP
Comments (0)
Add Comment