Tingkatkan Hasil Pertanian PPU, Yusran Anjurkan System Jajar Legowo

DETAKKaltim.Com, PPU : Yusran Aspar, Bupati Penajam Paasaer Utara (PPU), Kalimantan Timur, menegaskan untuk lebih meningkatkan hasil pertanian pangan khususnya persawahan, petani dianjurkan agar melakukan system tanam jajar legowo, jangan menanam dengan system tabur benih langsung (tabela).

Hal ini ditegaskannya saat menyerahkan bantuan 37 unit alat mesin pertanian (Alsintan) berupa Ricer Planter (alat penanam padi) dan 451 unit pompa air di Kantor Penyuluhan Pertanian Lapangan (PPL) Dinas Pertanian Kabupten PPU, didampingi Kepala Dinas Pertanian Joko Dwi Fetrianto, Selasa (8/5/2018).

“Penyerahan Alsintan kepada kelompok tani ini bukan dilepaskan begitu saja, namun terus mendapatkan pengawalan dan pengawasan dari para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). Pengawasan tersebut bertujuan untuk mendampingi para petani agar bisa dan mahir dalam mengoperasikan Alsintan tersebut, sehingga diharapkan hasil panen petani meningkat dan lebih baik lagi,” terangnya.

Menanam system Tabela memang lebih cepat, namun jika hasilnya hanya mencapai 3 ton per hektare. Sedangkan menanam system jajar legowo menggunakan mesin penanam bisa mencapai 8 ton per hektare, mengapa tidak menggunakan mesin penanam. Kalau ada yang lebih bagus ujar Bupati, mengapa bukan melakukan yang lebih bagus.

“Saya yakin pertanian di Kabupaten PPU akan semakin maju manakala memang ditangani secara profesional oleh orang-orang yang memahami persoalan, tapi kalau ditangani orang yang tidak memahami persoalan PPU, ini ya tentu sulit penanganannya. Terkait pemilihan Kepala Daerah  yang akan datang, saya sangat berharap akan tampil Kepala Daerah yang mengerti dan paham akan persoalan PPU,” tegasnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten PPU Joko Dwi Fetrianto mengatakan, dengan penyerahkan Alsintan ini kepada para petani, target luas tanam pada tahun ini harus mencapai lebih dari 21 ribu hektare.

“Kondisi pertanian kita saat ini alhamdulillah persediaan kebutuhan pangan di Kabupaten PPU kondisinya surplus mencapai angka lebih dari 50 persen, maka dengan penggunaan Alsintan ini harapan kita produksi hasil pertanian kita akan lebih baik lagi,” tandasnya. (humas8/LVL)

 

(Visited 1 times, 1 visits today)
Hasil PertanianJajar LegowoSystem Tanam
Comments (0)
Add Comment