Timbulkan Ketakutan, Sarang Tawon Dibakar di TMP Samarinda

Alif : Dulu Masih Kecil
DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Tim Rescue Animal dari Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) bersama Relawan Kota Samarinda, mengevakuasi Sarang Tawon di Taman Makam Pahlawan (TMP) di atas pohon setinggi 2 meter dengan cara dibakar, Rabu (30/9/2020) siang.

Menurut Alif, penjaga atau tukang kebun Taman Makam Pahlawan yang berada di Jalan Pahlawan Samarinda Kota, Sarang Tawon tersebut baru diketahui sejak sebulan belakangan ini, dan awalnya memiliki ukuran yang tak begitu besar.

“Udah ada sebulanan ini, tapi dulu masih kecil nggak seperti sekarang yang cukup besar. Alhamdulillah belum ada korban sih, tapi buat jaga-jaga aja siapa tahu nanti ada yang berziarah. Termasuk saya sendiri bersihkan makam agak takut juga, makanya saya minta bantuan untuk dievakuasi,” jelas Alif kepada DETAKKaltim.Com.

Ahmad Iwan Syahrani, salah satu Anggota Rescue Damkar mengungkapkan terpaksa harus mengevakuasi dengan cara dibakar, selain ukurannya cukup besar keberadaanya dinilai cukup tinggi.

Baca juga : Cafe Citra Niaga Kembali Dibuka, Pengawasan Tetap dilakukan

“Kami terpaksa pakai cara membakar karena kondisi berada di atas, terlebih evakuasi ini dilakukan di siang hari, yang mana biasa Tawon lebih aktif, dan juga Sarang ini memiliki ukuran yang cukup besar yakni sekitar kurang lebih satu meter setengah,” jelas Ahmad Iwan Syahrani.

Bagi petugas gabungan evakuasi Sarang Tawon seperti ini makin sering dilakukan. Termasuk di pemukiman padat penduduk, petugas menduga kondisi ini terjadi akibat lahan habitat Tawon menyempit dan tergerus oleh aktivitas manusia. (DK.Com)

Penulis : Setyo Wahyu Aditya

Editor : Lukman

(Visited 53 times, 1 visits today)
Rescue AnimalSarang TawonTMP Samarinda
Comments (0)
Add Comment