Tentukan Wakil, Rita Diberikan Kesempatan Seluas-Luasnya

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Rapat Pimpinan Daerah Khusus (Rapimdasus) Partai Golkar Kaltim yang akan digelar di Berau 10-12 Februari 2017, akan membahas mekanisme penjaringan bakal calon Wakil Gubernur yang akan mendampingi Rita Widyasari pada Pilgub Kaltim 2018. Hal itu jika Rita menghendaki dibuka pendaftaran, sebut Hatta Zainal.

Mengingat, kader Partai Golkar di Kaltim telah secara bulat mendukung Ketua Umum Partai Golkar Kaltim tersebut untuk dicalonkan menjadi Gubernur Kaltim. Meski baru pada Rapimdasus akan ditetapkan, sebagaimana yang terungkap dalam Konferensi Pers yang digelar di Sekretariat Partai Golkar Kaltim di Samarinda, Senin (6/2/2017) siang.

Hatta Zainal (kanan) bersama Abdurahman Al Hasanie saat konfrensi Pers. (foto:LVL)

Dalam sesi tanya jawab terkait pelaksanaan Rapimdasus untuk menentukan calon wakil gubernur yang akan mendampingi ketua umum Partai Golkar Kaltim pada Pilgub 2018, muncul pertanyaan apakah kegiatan tersebut bukan hanya sekedar formalitas. Pertanyaan ini didasari pernyataan Rita Widyasari yang menyebutkan akan memilih wakilnya dari kalangan birokrat, saat pelantikan Pengurus DPD II Partai Golkar Samarinda beberapa waktu lalu.

Menanggapi pertanyaan yang dilontarkan Wartawan DETAKKaltim.Com tersebut, Hatta Zainal yang menjabat sebagai Steering committee (SC) pelaksanaan Rapimdasus mengatakan, itu bukan formalitas. Namun hal ini memang mekanisme dalam merekrut calon gubernur dan wakil gubernur harus melalui Rapimdasus.

“Entah kebetulan saja dari sepuluh kabupaten (kota) yang ada di Kaltim, semuanya di dalam Musdanya menyatakan mendukung untuk Ibu Rita sebagai calon gubernur,” sebut Hatta.

Menurut Hatta, karena hanya Rita yang satu-satunya calon yang disampaikan melalui DPD II Partai Golkar, maka melalui Rapimdasus ini akan ditetapkan sebagai calon Gubernur Kaltim dari Partai Golkar.

Terkait wakil yang akan mendampinginya, dijelaskan Hatta, Rita belum ada menetapkan siapa-siapa. Termasuk dari birokrat, karena itu melalui Rapimdasus inilah akan dipolakan bentuknya merekrut calon itu. Kendati demikian, Rita diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk menentukan wakilnya yang cocok untuk berpasangan dengannya agar bisa berhasil memimpin Kaltim.

“Apakah dibuka pendaftaran atau cukup beliau mengatakan maunya siapa. Itu kita tunggu di Rapimdasus,” beber Hatta.

Meski belum ada yang mendaftar secara resmi, namun disebutkan Hatta, hingga kini sudah ada bisikan-bisikan melalui sejumlah orang. Termasuk juga sudah ada bisik-bisik sejumlah partai politik yang ingin merapat (koalisi) melalui pengurus. Hanya saja saat didesak partai apa saja itu, Hatta tidak ingin menyebutkannya.

Berita terkait : Tentukan Wakil Rita, Golkar Kaltim Gelar Rapimdasus

“Yang jelas bisik-bisik itu sudah mulai disampaikan melalui teman-teman pengurus. Tapi kita belum etis mengeluarkan karena Partai Golkar sendiri baru akan melaksanakan Rapimdasus,” timpal Abdurahman Al Hasanie.

Partai Golkar terbuka untuk siapa saja, lanjut Al Hasanie, yang penting tujuannya untuk memenangkan Pilgub Kaltim. (LVL)

(Visited 13 times, 1 visits today)
Pilgub KaltimRapimdasus GolkarRita Wakil
Comments (0)
Add Comment