Sensus Ekonomi Tidak Dipungut Biaya, Dukung dengan Jawaban

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG – Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur H Marli mengimbau masyarakat maupun pengusaha di Kukar, untuk mendukung kegiatan Sensus Ekonomi (SE) 2016 yang dilaksanakan selama bulan Mei 2016 ini.

Marli mengatakan, bentuk dukungan yang dapat dilakukan masyarakat terhadap SE 2016 yaitu dengan menerima petugas sensus ketika datang ke tiap rumah maupun tempat usaha masyarakat, serta memberikan jawaban yang jujur ketika ditanya petugas sensus.

“Ketika ada petugas sensus datang ke rumah harap diterima, berikan jawaban apa adanya dan jujur, agar data yang dihasilkan valid, karena ini merupakan kepentingan pemerintah,” ujarnya usai menerima petugas SE 2016 di rumah jabatan Sekda Kukar Jln KH Dewantara Tenggarong, Minggu (1/5/2016) siang.

Sementara Kepala Badan Pusat Stataistik (BPS) Kukar Akhmad Junaidi mengatakan, SE 2016 dilakukan untuk memetakan kegiatan ekonomi secara lengkap, termasuk seluruh kegiatan usaha mulai usaha mikro atau rumah tangga, kecil dan menengah (UMKM), maupun  usaha atau perusahaan besar.

“SE 2016 ini akan mencakup semua sektor, kecuali sektor pertanian karena sudah dicakup dalam Sensus Pertanian 2013,” ujarnya usai mengawali SE 2016 secara simbolis di wilayah Kukar, di rumah jabatan Sekda Kukar.

Dikatakannya, bagi pemerintah, hasil SE 2016 tersebut akan sangat berguna sebagai dasar perencanaan ekonomi, mengetahui potensi ekonomi, peta sektor usaha, penyerapan tenaga kerja, penghitungan nilai tambah yang akurat, dan sebagainya. Sedangkan bagi dunia usaha SE 2016 sangat bermanfaat, di antaranya sebagai dasar perencanaan pengembangan usaha, penentuan pangsa pasar, potensi pasar, jumlah usaha sejenis dan sebagainya.

Sehingga Akhmad Junaidi berharap masyarakat dapat menerima petugas SE yang datang ke rumah-rumah masyarakat maupun tempat usaha. Dikatakannya, petugas SE 2016 ketika bertugas mengenakan topi, rompi dan tanda pengenal khusus bertuliskan SE 2016.

“Petugas ini juga dilengkapi dengan surat tugas. Ingat, petugas sensus ini tidak memungut biaya apapun, bantulah dengan memberikan jawaban yang jujur,” demikian ujarnya. (HA)

 

(Visited 1 times, 1 visits today)
2016 SukseskanSensus Ekonomi
Comments (0)
Add Comment