Sambut Hari Kartini, Warga Gang Hawai Gelar Senam Pakai Kebaya

Nia : Yang Biasa Pakai Baju Kaos Hari Ini Pakai Kebaya

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Meski peringatan hari Kartini masih satu bulan lagi yakni jatuh pada tanggal 21 April, namun Kelompok Dasa Wisma Nyai Padasan (Nympaea) yang terletak di Jalan Batu Besaung, Gang Hawai, Sempaja Utara, Samarinda, Kaltim, telah memperingatinya, Minggu (21/3/2021) sore.

Uniknya, kelompok ini memperingati hari kelahiran pahlawan perempuan Indonesia RA Kartini dengan senam menggunakan pakaian Kebaya. Meski terbilang tidak biasa, namun dengan semangat yang luar biasa, kelompok yang terbagi 3 golongan ini, yaitu ibu-ibu, remaja hingga ke anak-anak usia dini mampu mengikuti instruktur senam walau hanya melihat dari video yang diputar.

“Memang senamnya rutin di sini sudah berjalan tiga bulan, tapi kali ini berbeda dari biasanya. Yang biasa pakai baju kaos, hari ini pakai Kebaya” kata Nia, anggota Remaja Dasa Wisma Nympaea.

Ditanya kesulitannya, ia mengaku cukup dirasakan lantaran pakaian Kebayanya harus dipakai lengkap. Mulai dari Baju Kebaya, Rok sebagai bawahan, hingga penggunaan Sepatu hak tinggi.

Baca juga : Mr X Ditemukan Tak Bernyawa di Dalam Gudang Expedisi

“Agak susah bergerak dan panas sih, tapi karena banyak temannya jadi seru aja,” tambah Nia.

Sementara Ketua Dasa Wisma Nympaea Dian Novita Sari mengatakan, ia sengaja memperingati Hari Kartini lebih cepat, lantaran di bulan depan Ummat Muslim akan menjalankan Puasa bulan Ramadhan.

“Kita beranggotakan sekitar 30an, yang terdiri dari orang tua, remaja, dan anak yang ada di sekitar sini saja, terbentuknyapun terbilang baru diawal tahun 2021,” ucap Dian kepada DETAKKaltim.Com.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan senam merupakan kegiatan rutin yang biasanya dilakukan seminggu 2 kali, yaitu hari Rabu dan Minggu. Namun sayang, meski sudah berjalan 3 bulan kelompok ini belum memiliki Instruktur atau Pemandu Senam.

“Untuk Instruktur kami tidak ada, hanya melihat dari video. Ya kami mau jika ada, namun masih terkendala oleh keuangan.” tandas Dian.

Meski kelompok ini jauh dari pusat Kota Samarinda, kelompok senam ini berharap selanjutnya bisa mengunakan jasa Instruktur profesional untuk membimbing senam mereka. (DK.Com).

Penulis : Setyo Wahyu Aditya

Editor : Lukman

(Visited 56 times, 1 visits today)
Hari KartiniHawai SamarindaSenam Kebaya
Comments (0)
Add Comment