Reses di Posyandu Matahari, Legislator PDIP Kaltim Bawa MPASI

Ketua Posyandu Pertanyakan Kelanjutan Pemberian MPASI
Ananda Emira Moeis, anggota DPRD Kaltim. (foto : Lisa)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Anggota Komisi 4 DPRD Kaltim Ananda Emira Moeis melaksanakan reses di Posyandu Matahari, RT 04, Jalan Juanda 7, Samarinda Ulu, Sabtu (19/11/2022).

Penyerapan aspirasi masyarakat untuk yang Ke-13 kalinya di berbagai Posyandu 2 bulan terakhir ini, dilakukan Nanda sekaligus untuk membagikan makanan pendamping bagi Balita dan ibu hamil, dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Melihat sekeliling, ia turut mengapresiasi Posyandu Matahari, karena kualitas dan kebersihannya yang terus dijaga oleh warga setempat.

Kehadiran politisi muda Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini di tempat tersebut, disambut hangat ibu-ibu yang sebagian membawa anak Balitanya. Nandapun mengungkapkan jika kehadirannya untuk menyerap aspirasi ibu-ibu Posyandu Matahari, sekaligus membawa Makanan Pengganti Air Susu Ibu (MPASI)

“Saya ada Biskuit untuk ibu MPASI, makanan pendamping ibu hamil. Posyandu ini sangat bagus ya, pasti selalu dijaga. Kebetulan juga fokus Komisi 4 adalah tentang kesehatan ataupun pendidikan, dan dekat dengan kehidupan masyarakatlah memang,” beber Nanda.

Baca Juga :

Usai paparan singkat Ketua Fraksi PDI Pejuangan itu, Ketua Posyandu Matahari Aspiah menyampaikan beberapa kekurangan yang sangat dibutuhkan Posyandu, mulai dari Timbangan digital untuk bayi, alat ukur bayi, wastafel, hingga penutup tirai.

“Kami tidak punya Timbangan digital untuk bayi, padahal itu yang efektif, terpaksa kita mencatat seadanya. Kedua, tidak ada alat ukur bayi sesuai standar. Ketiga, tidak punya wastafel untuk cuci tangan, serta penutup tirai untuk pemeriksaan ibu hamil,” urainya.

Lebih lanjut, Aspiah turut mempertanyakan keberlanjutan pembagian makanan tambahan yang  dijanjikan Nanda, sapaan akrab Ananda.

Hal itupun dijawab dengan lugas oleh anggota DPRD Kaltim Daerah Pemilihan (Dapil) Samarinda ini, bahwasanya program pembagian makanan akan dilaksanakan terus menerus. Guna mendukung target pemerintah di tahun 2045, dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas, yang salah satu indikator pentingnya adalah gizi ibu hamil, agar tidak mengalami stunting.

Sementara terkait fasilitas yang belum memadai, ia menegaskan bahwa pihaknya akan terus memperjuangkan dan menyuarakan aspirasi tersebut. Terlebih, Posyandu merupakan titik pangkal ataupun ujung tombak bagi kesehatan ibu hamil dan juga Balita.

“Pemerintah, khususnya Pemkot Samarinda saya harap memperhatikan seluruh Posyandu agar fasilitas-fasilitas bisa dilengkapi. Mudah-mudahan Posyandu Matahari ini bisa jadi salah satu Posyandu yang menjadi percontohan kepada Posyandu lainnya.” tutupnya.

Usai reses di tempat ini, Nanda masih akan melanjutkan reses di sejumlah titik. Salah satunya di  Lubuk Sawah, Gang Bersama, RT 15, Kelurahan Mugirejo. Pukul : 19.30 Wita. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Lisa

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Ananda Emira Moeisdprd kaltimReses Posyandu
Comments (0)
Add Comment