Penuhi Kekurangan Tenaga Dokter Kaltim, Ini Strategi Awang

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Luasnya wilayah Kaltim tak sebanding dengan jumlah dokter yang harus melayani,  baik di rumah sakit maupun  Puskesmas yang ada di Kaltim.

Hal ini diakui Gubernur Kaltim Awang Farouk, Senin (24/10/2016) yang mengatakan bahwa  Kaltim memiliki  wilayah yang luas namun  jumlah dokternya kurang.

“Oleh karena itulah saya akan memberikan  beasiswa  yang banyak bagi  para dokter, “ ungkap  Awang.

Dalam beberapa tahun ini Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dewan Pendidikan Kaltim,  rutin memberikan Beasiswa Kaltim Cemerlang bagi pelajar dan mahasiswa  Kaltim.

“Kan saat ini  Beasiswa Kaltim Cemerlang tetap jalan terus, kita akan  penuhi semua  kebutuhan dokter  di tiga Rumah Sakit Umum  Daerah milik  Pemprov Kaltim, yakni RSUD AW Syahranie Samarinda, RSUD Dr  Kanujoso  Balikpapan dan RSUD Tarakan,” jelasnya.

Awang juga mengatakan hal yang sama akan dilakukan di 10 rumah sakit daerah lainnya, yakni di rumah sakit–rumah sakit pratama serta di rumah sakit Tipe D. Termasuk  pada puskesmas 24 jam akan ditingkatkan menjadi rumah sakit Tipe D dan Rumah Sakit Islam Samarinda akan ditingkatkan menjadi Rumah Sakit Tipe C.

Sehingga sangat  dibutuhkan  dokter dalam jumlah banyak,  yang akan dipenuhi dengan melalui Program Beasiswa Pendidikan Kedokteran dengan syarat pasca pendidikan mengabdi kepada daerah Kaltim.  (*MY)

(Visited 2 times, 1 visits today)
Beasiswa KedokteranStrategi AwangTenaga Dokter
Comments (0)
Add Comment