Paslon Nomor 4 Beber Program Kaltim Bermartabat di Pantai Manggar

DETAKaltim.Com, BALIKPAPAN : Masih ingat dengan penyanyi kribo asal Samarinda yang berhasil nembus Top 9  Indonesia Idol 2018? Ya, dia Chandra. Sekarang anak muda bertubuh gempal itu diundang untuk menghibur warga Manggar, Balikpapan Timur.

Tidak mengherankan, kalau suasana wisata tepi pantai jadi begitu meriah. Tidak hanya Chandra yang bergabung, tapi ada juga grup Band Zero Six Park pernah tampil di Rissing Star RCTI, dan Nadira X Factor.

Inilah anak-anak muda dari Kaltim yang punya prestasi di tingkat nasional. Karena kebanggaan itu, pasangan nomor 4 Rusmadi-Safaruddin memperkenalkan kepada publik di Manggar. Tujuannya, untuk memotivasi warga di sana untuk tidak takut berekspresi di bidang apa saja.

“Anak-anak Kaltim mampu berkiprah dievent nasional, bahkan internasional,” tutur Rusmadi.

Para pengunjung pantai, terutama remaja ikut bernyanyi dengan bintang idolanya. Lagu berjudul “Karmila” dan “Diana” dibawakan Zerosix  beranggotakan Yeski (drum), Nida (keyboard ), Akbar (gitar), Aldi (vokal ) dan Deny (bass). Bahkan, permainan keyboard Nida mampu mencuri perhatian masyarakat Manggar.

Walau ada artis Kaltim yang menasional, Tim Pemenangan Rusmadi-Safaruddin tidak mau meninggalkan seni tradisional. Hari Sabtu (5/4/2018) itu, disajikan juga hiburan Kuda Lumping dan Campur Sari.

Kampanye budaya berlangsung meriah. Dihembus angin laut, masyarakat dan pengunjung Pantai Manggar berkenalan secara langsung pasangan yang popularitas dan elektabilitasnya kian meningkat itu.

Selain memperkenalkan pasangan calon, diperkenalkan juga program kerjanya Kaltim Bermartabat.  “Bermartabat” adalah akronim dari berdaya saing, mandiri, aman, sejahtera dan berkelanjutan. Dari tema itulah dicetuskan 10 program Rusmadi-Safaruddin yang disebut Dasacita.

Dasacita adalah misi Rusmadi-Safaruddin selama 5 tahun ke depan ketika dipercaya memimpin Kaltim. Dalam hal menciptakan kemandirian misalnya, pasangan ini siap membantu para pedagang di Pantai Manggar agar lebih maju berusaha di tempat wisata itu.

“Rusmadi-Safaruddin siap memberi bantuan modal dengan bunga murah kepada pedagang di pantai Manggar,” kata Cawagub Safaruddin, mengenakan baju koko putih.

Tak hanya permodalan, Rusmadi-Safaruddin juga menyiapkan pendampingan atau pembinaan bagi pengrajin aksesoris di sekitar Manggar dan Lamaru. Ini supaya wisatawan yang berlibur ke pantai bisa membeli cinderamata di pantai.

Hal lain, dalam bidang pendidikan. Walaupun belum menjadi wakil Gubernur, Safaruddin sudah berdialog secara intensif dengan dengan tokoh daerah Manggar, Haji Tahrir. Dialog itu seputar permintaan agar menghibahkan tanahnya untuk segera membangun sekolah SMA/SMK di situ. Begitu jadi Gubernur dan Wakil Gubernur, gedung sekolah itu diprioritaskan untuk diwujudkan.

“Sekolah SMA/SMK segera kita dirikan di Manggar. Tanahnya sudah ada. Bertahun-tahun  kita minta tanah Haji Tahrir untuk bangun SMA/SMK,” ujar Safaruddin.

Dalam bidang kesehatan yang dalam Dasacita disebut Kaltim Sehat, Rusmadi-Safaruddin memahami apa yang dibutuhkan oleh warga pedesaan Manggar. Di antarnya adalah penambahan layanan dokter dan perawat, peralatan kesehatan Puskesmas yang lebih bagus di Manggar.

“Masyarakat Manggar tak perlu jauh berobat. Yang dulu warga susah berobat, nantinya tidak perlu bayar. Gratis dan kita siapkan kartu Kaltim Sehat. Tahu nggak gratis? ya gratis nggak bayar,” kata Safaruddin.

Sementara itu, Rusmadi Wongso yang sangat berpengalaman dalam birokrasi pemerintah dan perencanaan pembangunan karena pernah menjadi Sekdaprov dan Kepala Bappeda Kaltim, menegaskan ia fokus untuk membuka lapangan pekerjaan bagi usia produktif masyarakat Balikpapan dan membangun rumah murah.

“Kita akan bangunkan rumah murah (di Balikpapan) yang angsurannya sama seperti besarannya angsuran setiap bulan ngontrak dari Rp500 Ribu sampai Rp 1 juta,” kata Rusmadi.

Safaruddin juga menjanjikan ia bersama Rusmadi turut membangun jalan mulus di Manggar dengan target waktu tiga tahun ke depan.

“Insya Allah, masyarakat lebih sejahtera untuk lima tahun ke depan dan Kaltim lebih baik lagi. Jangan lupa, coblos nomor urut 4,” katanya.

Untuk memastikan semua pembangunan di Manggar berjalan sesuai janji kampanyenya, Safaruddin siap turun ke lapangan nantinya satu tahun menjabat Wakil Gubernur Kaltim.

“Saya akan cek setahun lagi ke Manggar, apa jalan atau nggak program yang kita sampaikan ini,” katanya. (LVL)

(Visited 46 times, 1 visits today)
Kaltim BermartabatPantai ManggarPilgub Paslon
Comments (0)
Add Comment