Paripurna Istimewa Ke-11 DPRD Balikpapan Dipimpin Abdulloh

 Abdulloh : Implementasi  dari UU Nomor 23 tahun 2014

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan melaksanakan Rapat Paripurna Istimewa Ke-11 masa sidang  I Tahun 2021, dengan Agenda Pengumuman dan Penetapan Calon Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Balikpapan dalam Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 dan Usulan Pengesahan, Pengangkatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih Kota Balikpapan.

Rapat Paripurna Istimewa dipimpin dan dibuka secara langsung Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh yang dihadiri Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Balikpapan, Jum’at (26/2/2021).

“Sidang Paripurna ini merupakan implementasi  dari UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dimana dalam Pasal 60 menjelaskan masa jabatan kepala daerah adalah 5 tahun terhitung sejak pelantikan,” kata Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh.

Mengacu pada UU Nomor 10 Tahun 2016, kata Abdulloh lebih lanjut, tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014, tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota menjadi Undang-Undang.

Disebutkan  dalam Pasal 160 dan 160 A menyatakan, pengesahan pengangkatan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih dilakukan berdasarkan penetapan pasangan calon terpilih oleh KPU Kabupaten/Kota. Dan diumumkan oleh pimpinan DPRD dalam Rapat Paripurna dan diusulkan oleh pimpinan DPRD kepada Menteri melalui Gubernur sebagai wakil dari Pemerintah Pusat untuk mendapatkan  penetapan pengesahan pengangkatan.

“Berdasarkan ketentuan tersebut, maka pada hari ini pimpinan DPRD Kota Balikpapan akan membacakan pengumuman DPRD Kota Balikpapan, tentang hasil penetapan pasangan calon Wali Kota Balikpapan dan Wakil Wali Kota Balikpapan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020 dan Usulan Pengesahan Pengangkatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan,” jelas politisi Partai Golkar ini.

Baca juga : 3 Persoalan Besar Menghadang Wali Kota Baru Balikpapan di Mata Legislatif

Pada kesempatan itu, Wali Kota Balikpapan Haji Rizal Effendi menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Balikpapan mengucapkan selamat atas pelantikan 6 kepala daerah yang ada di Kalimantan Timur.

Di sela menyampaikan sambutannya, Rizal Effendi menambahkan adanya tahap vaksinasi tahap Kedua di Gedung Dome pada hari Sabtu.

“Untuk kali ini Balikpapan sementara mendapatkan 9.000 Vaksin yang akan dibagikan kepada aparat keamanan , TNI dan Polisi, dan seluruh personil yang bertugas di bandara dan pelabuhan,” jelas Rizal.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih yang telah mengabdikan dirinya selama 15 tahun bekerja sama DPRD Balikpapan, 5 tahun sebagai Wakil Wali Kota dan 10 tahun sebagai Wali Kota, membangun sinergitas untuk kesejahteraan masyarakat Balikpapan. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor  : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
DPRD BalikpapanParipurna IstimewaWali Kota
Comments (0)
Add Comment