Panen Raya, Mustaqim Makan Bersama Petani di Tengah Sawah

 DETAKKaltim.Com, PENAJAM : H Mustaqim MZ, Wakil Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, hadir dalam kegiatan panen raya yang dilakukan oleh Kelompok Tani Sinar Laut di Kelurahan Pajala, Kecamatan Penajam, Selasa, (22/8/2017).

“Alhamdulillah tahun ini karena curah hujan yang tercukupi, kita telah memasuki panen kedua dan menjelang untuk tanam yang ketiga. Ini luar biasa sekali karena biasanya kita hanya mampu tanam sekali dalam setahun, tetapi tahun ini mampu melakukan tanam hingga tiga kali dalam setahun pastilah hasil pertanian kita besar,“ sebut Mustaqim MZ di sela-sela kegiatan panen  raya ini.

Ia juga mengatakan, potensi pertanian di Kelurahan Pajala tersebut sangat menjanjikan. Dengan kata lain, lahan pertanian yang ada di sana tidak kalah dengan pertanian yang ada di Kecamatan Babulu yang memang menjadi sentra  pangan di PPU. Hanya saja menurutnya, luasan lahan pertanian di Kelurahan ini tidak seluas di sana.

“Yang menarik juga, pertanian di Kelurahan Pajala ini langsung berbatasan dengan hamparan Pantai Tanjung Jumlai. Bahkan sebagian profesi masyarakat di sana juga terkadang  sebagai Petani dan dalam kesempatan lain menjadi seorang Nelayan. Tapi mereka telah mampu mengelola lahan pertanian mereka di sana dengan baik,“ tutur Mustaqim.

Potensi pertanian di Kabupaten PPU memang masih sangat baik, lanjutnya. Luasnya lahan pertanian dan kesuburan tanah pertanian  yang dimiliki daerah ini menjadikan daya dukung bagi hasil pertanian yang melimpah. Kabupaten PPUpun merupakan swasembada pangan bagi daerah maupun Kaltim. Hanya saja, persoalan Irigasi pertanian masih kerap menjadi kendala utama bagi pertanian di wilayah PPU. Bahkan, luasnya pertanian yang ada diwilayah PPU ini, petani yang ada hingga kekuranggan tenaga kerja di lapangan untuk melakukan panen.

“Alat-alat pertanian yang digunakan untuk panen Padi selama ini masih kurang mencukupi jika dibandingkan dengan luasan lahan pertanian yang ada di PPU. Oleh karena itu sebagian Petani kita masih menggunakan jasa tenaga kerja dari luar untuk membantu melakukan kegiatan panen di lahan pertanian,“ ungkap Mustaqim.

Dalam kesempatan ini, sebelum melakukan panen perdana, Wakil Bupati PPU juga hadiri makan bersama para Petani di tegah lahan pertanian mereka. Suasana kekeluargaan dan keakraban tampak terlihat dalam kegiatan ini. (Humas6/LVL)

(Visited 44 times, 1 visits today)
Irigasi KendalaPanen RayaPetani Nelayan
Comments (0)
Add Comment