Muktamar IX PPP, DPW Kaltim Sebutkan Kriteria Ketua Umum

 Nama Suharso Monoarfa dan Taj Yasin Mencuat
DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Muktamar IX Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan digelar dalam waktu dekat, 2 nama mencuat ke permukaan untuk menjadi ketua umum (Ketum) partai politik berlambang Ka’bah tersebut di antara sejumlah nama.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Kaltim Rusman Yaqub saat menggelar jumpa pers di Sekretariat DPW PPP Kaltim, Jalan Juanda, Samarinda, Senin (14/12/2020).

Kedua nama tersebut disebutkan Rusman masing-masing Plt Ketum DPP PPP Suharso Monoarfa, dan Taj Yasin, putra mendiang Maimun Zubair alias Mbah Moen.

Dari kedua nama tersebut Rusman tidak menyebutkan siapa yang akan didukung DPW PPP Kaltim, meski ia menyebutkan memiliki kecenderungan kepada salah satu dari dua nama itu. Namun ia menyebutkan beberapa kriterianya, di antaranya memiliki konsep yang jelas.

“Nakhoda PPP ke depan itu adalah figur yang memiliki konsep yang jelas, yang kongkrit, untuk meraih suara. Karena muara semua partai politik peserta Pemilu itu adalah electoral, mencari suara,” jelas Rusman.

Kriteria berikutnya, kata Rusman, bagaimana dia mampu membuat terobosan-terobosan karena partai politik itu harus marketable, jualannya harus baik.

Kriteria ketiga, dia mampu membangun komunikasi politik baik ke samping, ke atas, maupun ke bawah. Kemudian berikutnya, mampu merangkul semua potensi yang ada di PPP.

Rusman kemudian mengungkapkan, jika PPP pernah terbelah. Karena itu diharapkan figur itu mampu mempersatukan, bisa menjadi magnet untuk mempersatukan. Selain itu, dia harus punya komitmen untuk turun ke daerah-daerah.

“Kalau figur nasional itu sering-sering dan aktif turun ke bawah tentu ada spirit tersendiri bagi pengurus-pengurus partai di daerah,” jelas Rusman.

Terkait isu politik transaksional yang kerap muncul di dalam ajang pemilihan ketua-ketua partai politik, Rusman mengatakan sejauh ini tidak ada. Semua berjalan normal-normal saja, berjalan apa adanya.

“Saya nggak tahu, tapi yang jelas sampai hari ini berjalan sebagaimana apa adanya,” tandasnya.

Berita terkait : Kaltim Didaulat Jadi Tuan Rumah Muktamar IX PPP Zona Kalimantan

Muktamar IX Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan digelar secara zonasi yang terbagi dalam 10 zona masing-masing Medan, Padang, Palembang, Tangerang, Bogor, Semarang, Surabaya, Samarinda, Manado, dan Makassar yang menjadi zona utama.

Untuk Zona Kalimantan yang meliputi Kaltim, Kalsel, Kaltara, Kalteng, Kaltim ditunjuk sebagai tuan rumah berdasarkan Surat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP Nomor 2751/IN/DPP/XII/2020, tanggal 5 Desember 2020, akan digelar pada hari Jum’at (18/12/2020) diikuti sebanyak 106 peserta yakni, Kalsel 34 utusan, Kaltim 26 utusan, Kalteng 34 utusan dan Kaltara 12 utusan yang akan digelar di Hotel Mercure, Jum’at (18/12/2020).  (DK.Com)

Penulis : LVL

(Visited 6 times, 1 visits today)
DPW PPPKetua UmumMuktamar PPP
Comments (0)
Add Comment