MT Haryono-Teuku Umar Macet Parah, Legislator Kaltim Usul Flyover

Veri: Saya Rasa Sangat Layak Dibangun Flyover

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Imbas dari penutupan jalan Ring Road II oleh masyarakat, kemacetan terus mengular di sekitar Jalan Teuku Umar Karang Paci Samarinda, tepatnya di depan Komplek DPRD Provinsi Kaltim.

Di antara banyaknya pengguna lalu lintas yang mengantre berjam-jam di waktu tertentu, tampak sejumlah kendaraan besar truk-truk dan kontainer turut memadati jalan di depan Gedung DPRD Kaltim, yang jelas-jelas memiliki ruas jalan terbatas.

Melihat hal itu, Ketua Komisi 3 DPRD Kaltim Veridiana Huraq Wang mengusulkan dibangunnya flyover di simpang 4 Karang Paci, yang ke depan akan menghubungkan Jalan MT Haryono menuju Teuku Umar Kota Samarinda.

“Kita lihat sendiri kan? Itu membuat kita terganggu sekali. Sudah ruas jalan kita ini sangat kecil dan terbatas, di sisi lain kapasitas kendaraan juga sudah sangat luar biasa,” terang Veridiana, Selasa (21/3/2023).

Penyebab dari pada kemacetan, selain dari penutupan jalan Ring Road II, menurut Veri terjadi akibat dari Jalan Muhammad Said yang merupakan jalur tembusan dari Ring Road dan Tenggarong sudah sangat padat.

Lantas hambatan bagi masyarakat seperti ini, dinilai Veri memerlukan langkah penanganan secepatnya dari Pemprov Kaltim, demi kelancaran lalu lintas di simpang 4 Karang Paci.

Baca Juga:

Selain itu, pembangunan flyover tersebut dikatakannya, mampu memberikan jalan keluar bagi penertiban lalu lintas Samarinda yang sudah terlalu sesak.

“Lapis pertama Slamet Riyadi, lapis dua Pasar Kedondong dan Cendana. Kita ini lapis tiga. Nah lapis empat itu Ring Road. Ini jalur truk-truk dari Pelabuhan dan Palaran. Tapi ketika jalur itu ditutup, semua melewati jalan yang ada di depan kita,” tuturnya.

Bentuk nyata dari usulannya, ia meminta dengan tegas kepada Pemprov Kaltim untuk segera menyusun rencana pembangunan flyover untuk daerah MT Haryono.

“Saya rasa sangat layak dibangun flyover ke sini untuk membantu jalan Muhammad Said. Soalnya jalan Muhammad Said juga sangat crowded dan padat sekali. Bahkan terkenal di Samarinda itu macetnya sangat luar biasa. Apalagi di dalam sana banyak perumahan, tembusan juga menuju Ring Road dan alur ke Tenggarong,” urai Veridiana Huraq Wang.

Ia berharap pembangunan flyover di simpang 4 Karang Paci itu segera diakomodir dalam rencana pembangunan pemerintah Provinsi di tahun berikutnya.

“Jadi dari Muhammad Said tidak ada lagi lampu lalu lintas lagi. Kan, lebih bagus begitu. Semoga dengan intrupsi di forum terbuka seperti ini bisa lebih cepat disikapi.” tutupnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa/Adv.DPRD Kaltim

Editor: Lukman

(Visited 6 times, 1 visits today)
dprd kaltimFlyover SamarindaVeridiana PDIP
Comments (0)
Add Comment