Monitor Kegiatan UPT PU, Yusran Tinjau Jalan Nelayan

 DETAKKaltim.Com, PENAJAM : Yusran Aspar,  Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, selalu memonitor kegiatan UPT-PU di Kecamatan. Dalam setiap kesempatan, orang nomor 1 di PPU ini selalu meninjau kegiatan UPT PU hingga ke Desa- Desa.

“Semua Desa di Kabupaten PPU bisa memanfaatkan UPT PU Kecamatan yang ada untuk membangun  wilayahnya,“ sebut Yusran saat meninjau pengerjaan pembangunan Jalan Pelabuhan Nelayan di Kelurahan Nenang, yang sedang dikejakan melalui UPT PU Kecamatan Penajam,  belum lama ini.

Yusran Aspar mengatakan, tidak bisa dibayangkan jika setiap pengerjaan jalan masyarakat yang ada seperti itu, harus dikerjakan melalui tangan pihak kedua atau proyek di luar UPT PU Kecamatan. Dia memastikan anggaran yang dibutuhkan tidak sedikit, dan proses pengajuan hingga sampai pada tahap pengerjaanpun dipastikan sangat panjang.

“Kita harus bersyukur miliki UPT PU Kecamatan yang ada sebagai inovasi daerah satu-satunya di Indonesia ini. Satu contoh, jika keingginan masyarakat membangun sebuah jalan, silahkan hibahkan tanah. Kemudian usulkan kepada UPT Kecamatan. Selanjutnya kecamatan akan melakukan survey ke lapangan untuk memulai pekerjaan. Sangat mudah tentunya,“ imbuh Yusran Aspar.

Dia mengatakan, inovasi melalui UPT PU bukan saja memperoleh apresiasi di daerah Kabupaten PPU, inovasi ini bahkan kini telah menjadi Rool model bagi daerah-daerah di Indonesia. Sejak beberapa tahun terakhir, sejumlah daerah bahkan datang jauh-jauh ke Kabupaten PPU hanya untuk belajar tentang UPT PU Kecamatan di Kabupaten PPU.

“Beberapa hari lalu Kabupaten kita kedatangan rombongan Bupati Kabupaten Siak Provinsi Riau. Mereka jauh-jauh ke PPU hanya ingin mempelajari UPT PU yang kita miliki. Mereka mengatakan sangat kagum dengan program UPT PU dalam melaksanakan pembangunan di daerah ini,“ ujar Yusran.

Baca juga : Kapur Jitu, Solusi Petani PPU Tingkatkan Produksi Padi

UPT PU Kecamatan tidak hanya terfokus pada kegiatan pembangunan jalan saja, lanjut Yusran, berbagai kegiatan lainnyapun di lingkungan masyarakat seperti jalan tani, irigasi pertanian, tangul, jembatan dan sebagainya telah dikerjakan.

“Silahkan sampaikan usulan masyarakat jika memerlukan bantuan UPT PU Kecamatan,“ tandasnya. (Humas6/LVL)

 

 

(Visited 1 times, 1 visits today)
PPU KecamatanRole ModelUPT PU
Comments (0)
Add Comment