Minta Diperbagus, Menteri LHK Kagumi Balai Arboretum Sempaja

Joko : Ibu Menteri LHK Menyampaikan Kekagumannya

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menyempatkan diri untuk mengunjungi Balai Arboretum Sempaja, yang berada di Jalan AW Syahranie Samarinda, Kaltim, Minggu (4/4/2021).

Dalam kunjungan tersebut, Menteri KLHK Siti Nurbaya didampingi langsung Gubernur Kaltim Isran Noor, Kepala Dinas Kehutanan, Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM), Deputi Bidang Jemaritiman dan SDA Bappenas, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenkomarves.

Dalam kunjungan ini, rombongan mendapatkan penjelasan mengenai Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK).

Kepada Menteri Kehutanan, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD) menjelaskan hasil Litbang dan publikasi unggulan, serta sejarah dan sejumlah koleksi tumbuh-tumbuhan yang ada di Arboretum Sempaja.

Menteri Perempuan dari Kabinet Indonesia Maju tersebut, ternyata dibuat kagum setelah melihat langsung berbagai macam tanaman endemik yang tumbuh di Arboretum Sempaja. Iapun meminta agar Arboretum Sempaja diperbagus, dan diupayakan agar menjadi ikon Kota Samarinda.

“Ibu Menteri LHK menyampaikan kekagumannya dengan koleksi pohon jenis Dipterokarpa yang ada di Arboretum Samarinda, beliau meminta agar Arboretum ini diperbagus dan diupayakan menjadi ikon di Kota Samarinda. Selanjutnya juga disampaikan untuk menjadikan Arboretum Sempaja, sebagai salah satu landmark hutan kota di Ibu Kota Negara (IKN), dan penataannya secara terpadu harus dimulai tahun 2021,” ujar Kepala Dinas Kehutanan Amrullah melalui Kabid Pengelolaan DAS dan RHL Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur Joko Istanto kepada DETAKKaltim.Com.

Selain itu, lanjut Joko, Menteri Kehutanan juga meminta agar hasil-hasil Litbang dan koleksi harus diarahkan untuk mendukung kesuksesan, dan penyelesaian permasalahan dalam pembangunan IKN.

Sebelum mengakhiri kunjungan, Menteri LHK dan rombongan melakukan penanaman pohon di Arboretum. Menteri LHK menanam pohon jenis Shorea Stenoptera yang semakin menambah koleksi jenis di Arboretum.

Kunjungan ke Arboretum Sempaja ini merupakan rangkaian Kunjungan Kerja Menteri LHK selama 2 hari di Kalimantan Timur, dimana pada Sabtu 3 April 2021,  Menteri LHK bersama rombongan mengunjungi calon Ibukota Negara (IKN) yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, untuk melihat kesiapan lahan dalam perspektif LHK yang akan dijadikan lokasi Pusat Gedung Pemerintahan di IKN, dan melihat progres pembangunan Persemaian Modern di IKN. (DK.Com)

Penulis: Amin Gladis

Editor  : Lukman

(Visited 9 times, 1 visits today)
Arboretum SempajaLandmark IKNMenteri KLHKSiti Nurbaya
Comments (0)
Add Comment