Lamar Partai NasDem, Andi Harun Ingin Samarinda Jadi Kota Pusat Peradaban

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Pilkada Samarinda memang masih akan digelar September 2020 tahun depan, namun pergerakan para bakal calon Wali Kota memburu usungan partai politik (Parpol) pemilik kursi di legislatif Samarinda kian terasa saat ini.

Hari ini Ketua DPD Gerindra Kaltim Andi Harun mengembalikan formulir pendaftarannya ke DPD Partai NasDem Kota Samarinda, Minggu (14/10/2019) sekitar Pukul 14:00 Wita. Ia menjadi orang ketiga yang mengembalikan formulir pedaftarannya ke Parpol besutan Surya Paloh tersebut.

“Hari ini sebagaimana kawan-kawan lihat, saya memenuhi tanggung jawab saya sebagai bakal calon Wali Kota yang telah sebelumnya mengambil formulir. Hari ini kami konsisten untuk mendaftar di Partai NasDem,” kata Andi Harun sesaat setelah keluar dari Sekretariat Partai NasDem di kawasan Ruko Alaya Samarinda.

Dalam keterangannya, ia mengatakan secara garis besar mengajak Partai NasDem untuk bergabung membangun koalisi yang akan dibangun dalam rangka menciptakan Samarinda sebagai kota pusat peradaban.

Menurutnya, untuk membangun semua kepentingan masyarakat, memerlukan keberpihakan dan pelibatan banyak pihak termasuk di dalamnya partai politik.

“Hari ini kita secara terbuka mengajak Partai NasDem, mudah-mudahan bisa terjalin kerja sama politik denga koalisi partai-partai lain dengan Gerinda dan Partai NasDem,” jelasnya.

Andi Harun juga menegaskan bahwa ia hanya mendaftar sebagai Wali Kota, terkait soal pendampingnya, ia mengatakan hingga saat ini belum ada pendampingnya. Untuk menjadi pendampingnya, ada dua kriteria yang harus dipenuhi. Pertama, harus sebangun, satu visi, senafas, dengan pikiran-pikiran besar yang akan dibangunnya di Samarinda.

“Kedua, secara teknis ia harus memenuhi syarat elektabilitas elektoral yang cukup bisa sama-sama mengangkat pasangan ini menjadi terpilih, sebagai pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2020,” bebernya.

Iapun tidak mempersoalkan pasangannya berasal dari mana, bisa dari Parpol, pengusaha, tokoh perempuan, ataupun swasta, sepanjang memenuhi kriteria yang disebutkannya.

Hingga kini, Andi Harun telah mendaftar di sejumlah Parpol, masing-masing PDI Perjuangan, Partai Golkar, PAN, NasDem, Demokrat, dan menyusul PKB.

“Kita berusaha mendaftar di semua Partai Politik yang memiliki suara di DPRD Samarinda,” tandasnya.

Joha Fajal, Ketua DPD Partai NasDem Kota Samarinda usai menerima kedatangan Andi Harun beserta Ketua DPC  Partai Gerindra Helmi Abdullah dan semua Ketua PAC mengatakan, setelah menerima berkas pendaftaran semua bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota akan dilaksanakan penyampaian visi dan misi.

“Setelah penyampaian visi misi, kami akan melaksanakan rapat internal untuk menentukan dari 16 (pendaftar) itu. Kami akan mengusulkan ke DPW sampai DPP,” jelas Joha.

Sebelum menyerahkan berkas pendaftarannya, Andi Harun sempat menyampaikan visi dan misinya sekitar 45 menit sebagai bakal calon Wali Kota di hadapan pengurus NasDem Kota Samarinda. Sebanyak 10 program yang telah disusunnya diulas secara singkat untuk membawa Kota Samarinda menjadi kota pusat peradaban.

Hal yang sama juga disampaikannya sehari sebelumnya di acara Sosialisasi dan Silaturrahmi Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda periode 2020-2025 besutan PDIP di Hotel Mesra, yang dihadiri 10 orang kandidat. (LVL)

(Visited 43 times, 1 visits today)
Bakal CalonPusat PeradabanWali Kota
Comments (0)
Add Comment