Kurangi Pengangguran, Disnakertrans Kaltim Gelar Pelatihan Melalui BLKI

Suroto : Masing-Masing BLKI Rata-Rata Sekitar 15 Paket Per Tahun
DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Sepanjang tahun 2020 ini, Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Provinsi Kalimantan Timur, telah melaksanakan sejumlah pelatihan tenaga kerja di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI).

Menurut Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Provinsi Kalimantan Timur Suroto, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memiliki dua Balai Latihan Kerja Industri (BLKI), di Kota Balikpapan dan Kota Bontang.

Dalam setahun, kedua Balai Latihan Kerja Industri tersebut rata-rata memiliki 15 paket, dimana setiap paket kegiatan  yang dilaksanakan berbeda-berbada.

Menjawab pertanyaan DETAKKaltim.Com terkait kegiatan pelatihan tersebut, apakah menjadi agenda tahunan atau seperti apa? Suroto membenarkan.

“Betul sekali, baik dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan paket kegiatan yang berbeda-beda. Masing-masing BLKI rata-rata sekitar 15 paket per tahun,” jelas Suroto melalui jaringan WhatsApp, Rabu (2/12/2020) siang.

Ia kemudian mencontohkan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan tahun ini seperti pelatihan  las, Listrik, AC, Buat Roti, Menjahit, dan Automotif.

Disinggung mengenai harapan Disnaker dari pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan tersebut, ia mengatakan untuk menyiapkan tenaga kerja yang siap pakai.

“Menyiapkan tenaga kerja yang siap pakai, sehingga mengurangi angka pengangguran, bahkan akan lebih baik lagi jika ke depannya mereka mampu menciptakan peluang kerja,” jelasnya.

Berita terkait : Kepala Disnaker Kaltim Buka Pelatihan Kerja di BLKI Bontang

Dari penelusuran awak media ini, diketahui setidaknya pelatihan yang laksanakan di BLKI Bontang beberapa waktu lalu meliputi pelatihan Plate Welder Smaw 3g-up/pf, program pelatihan pemasangan listrik bangunan sederhana, program pelatihan pemeliharaan berkala kendaraan ringan sistem konvensional, program service sepeda motor konvensional.

Sedangkan di BLKI Balikpapan, pelatihan yang yang dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Latihan Kerja dan Industri (BLKI) Balikpapan di antaranya, pelatihan berbasis kompetensi Program Pelatihan Pengelolaan Administrasi Perkantoran III, Pemasangan Listrik Bangunan Sederhana, dan Pemeliharaan Berkala Kendaraan Ringan.

Berita terkait : Kadisnakertrans Kaltim Buka Kegiatan Pelatihan Keterampilan di Balikpapan

Untuk Program Pelatihan Pengelolaan Administrasi Perkantoran dan Pemasangan Listrik Bangunan Sederhana akan berlangsung selama 33 hari kerja, sedangkan pada Program Pemeliharaan Berkala Kendaraan Ringan dilaksanakan selama 38 hari kerja.

Berdasarkan laporan panitia penyelenggara yang didapatkan DETAKKaltim.Com, sejak pendaftaran dibuka Maret hingga ditutup 19 Agustus 2020 jumlah calon peserta yang mendaftar sebanyak 345 orang, namun yang dinyatakan lolos seleksi hanya sebanyak 48 orang, para peserta diketahui berasal dari Balikpapan dan Penajam Paser Utara (PPU). (DK.Com)

Penulis : LVL

(Visited 9 times, 1 visits today)
Disnakertrans BLKIPelatihan PengangguranSuroto Kadisnakertrans
Comments (0)
Add Comment