Kunker ke UPT BPD, Komisi II DPRD Kaltim Bahas Pendapatan Daerah

DPRD Kaltim

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Veridiana Huraq Wang, Ketua Komisi II DPRD Kaltim melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pendapatan Daerah (BPD) Provinsi Kaltim, wilayah Balikpapan, Kamis (28/11/2019).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Veri tidak sendiri, ia didampingi Muhammad Samsun, Wakil Ketua DPRD Kaltim bersama rombongan. Rombongan Komisi II DPRD Kaltim ini mendapatkan penjelasan dari Ismiati, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kaltim, terkait meningkatnya pendapatan daerah dari sektor pajak kendaraan bermotor.

“Dalam kurun 4 tahun terakhir Ini pajak kendaraan meningkat,” jelas Ismiati dalam rapat.

Di hadapan anggota Komisi II DPRD Kaltim, Ismiati mengatakan sepanjang Tahun 2016 hingga 2019 terjadi peningkatan pendapatan daerah dari sektor pajak. Bahkan tahun 2020 diperkirakan akan mengalami peningkatan seiring dengan pertumbuhan perekonomian masyarakat.

“Pajak kendaraan bermotor mengalami peningkatan, khususnya pajak bea balik nama, dan pajak bahan bakar,” terang Ismiati.

Tahun 2020, lanjutnya, pendapatan daerah dari sektor pajak ditargetkan sebesar Rp5 Triliun. untuk pajak kendaraan bermotor Rp1 Triliun, bea balik nama Rp1 Triliun, dan pajak bahan bakar Rp3 Triliun.

Menurutnya, meningkatnya sumber pendapatan daerah ini selain pelayanan pembayaran pajak sudah semakin mudah, juga karena kesadaran masyarakat yang taat membayar pajak.

Ismiati berharap ada dukungan Komisi II DPRD Kaltim selaku mitra kerja, agar BPD tetap dapat meningkatkan pendapatan daerah baik dari sektor kendaraan bermotor maupun dari pajak lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Veridiana mengatakan sangat mendukung kinerja BPD dalam rangka upaya peningkatan sumber pendapatan daerah dari sektor pajak.

“Sesuai fungsinya, kami akan tetap melakukan evaluasi dan pengawasan terkait target dan realisasinya, termasuk membantu menyelesaikan kendala yang ada,” ujar Veridiana. (DK.Com)

Penulis : LVL

(Visited 3 times, 1 visits today)
Anggota DPRDKomisi KunkerPAD BPD
Comments (0)
Add Comment