Kemacetan Lalin Hantui Balikpapan, Anggota DPRD Suarakan Cari Solusi

Ardiansyah: Jangan Sampai Terlambat

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN: Di sejumlah titik ruas jalan protokol di Kota Balikpapan saat ini sudah mulai terasa lalu lintas (Lalin) mengalami macet, ini menjadi permasalahan yang harus segera dihadapi Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan.

Jika dilihat, penyebab kemacetan tersebut bukan hanya dari lonjakan jumlah penduduk yang dibarengi dengan pertambahan jumlah volume kendaraan akibat perpindahan Ibu Kota Negara (IKN), akan tetapi juga banyaknya sejumlah proyek pembangunan.

Beberapa proyek pekerjaan tersebut yakni pembangunan DAS Ampal, dan penanaman Pipa Gas PT Pertamina yang dilakukan PT PGN dari Handil menuju Kilang Pertamina.

Wakil Ketua Komisi 4 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan Ardiansyah menyebut, saat ini di Kota Balikpapan yang paling rentan adalah permasalahan kemacetan.

Menurutnya, di beberapa titik ruas jalan di Kota Balikpapan terdapat pembangunan skala besar secara bersamaan. Seperti pembangunan DAS Ampal yang menyebabkan perpindahan alur lalu lintas, karena ditutup tidak boleh dilalui.

“Belum lagi sepanjang jalur Soekarno Hatta adanya pemasangan Pipa Gas PT Pertamina, ini juga salah satu penyebab terjadinya kemacetan di Kota Balikpapan,” kata Ardiansyah, Selasa (7/3/2023).

Ardiansyah mengharapkan kepada Pemerintah Kota Balikpapan, agar sesegera mungkin mengatasi permasalahan kemacetan di Kota Balikpapan sejak dini.

Mengingat kota Balikpapan merupakan kota penyangga IKN, yang nantinya pertambahan penduduk akan terus meningkat.

“Jangan sampai terlambat, pemerintah harus mengambil langkah-langkah untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di Kota Balikpapan. Jika terlambat, maka dampaknya akan sangat luar biasa untuk masyarakat Kota Balikpapan,” imbuhnya.

Baca Juga:

Ardiansyah juga menyarankan kepada pemerintah untuk mencarikan solusi yang terbaik untuk mengatasi kemacetan, seperti melakukan pelebaran jalan protokol atau kembali mengajukan pembangunan Flyover di sejumlah titik yang dianggap perlu.

“Solusi yang terbaik Pemkot Balikpapan melakukan pelebaran jalan di sejumlah titik ruas jalan yang terjadi kemacetan, serta kembali mengajukan pembangunan Flyover untuk mengatasi kemacetan,” bebernya.

Ardiansyah sampaikan semua ini untuk kebaikan masyarakat Kota Balikpapan, agar ke depannya kemacetan tidak terjadi seperti di kota-kota besar lainya. (DETAKKaltim.Com/Adv.)

Penulis: Jamil/Roni

Editor: Lukman

(Visited 4 times, 1 visits today)
Ardiansyah DPRDDPRD BalikpapanIKN NusantaraKemacetan Lalin
Comments (0)
Add Comment