Kawal Suara Rusmadi-Safaruddin, PDIP Latih 500 Saksi di Tenggarong

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Dewan Pengurus Cabang (DPC) PDI Perjuangan dan Badan Saksi Pemilu Nasional Kabupaten Kutai Kartanegara, melatih 500 saksi TPS di Tenggarong untuk pagelaran Pemilihan Gubernur Kaltim pada 27 Juni 2018 mendatang.

“Pelatihan pembekalan saksi ini untuk memastikan suara nomor urut 4 pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim Rusmadi-Safaruddin di Kutai Kartanegara,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kukar, Yusmardani, saat memberikan sambutan membuka pelatihan saksi di Hotel Grand Elty, Kamis (7/6/2018).

Para saksi dilatih nantinya untuk kelancaran Pilkada agar tidak salahi aturan. Dengan mengawasi perilaku dari penyelenggara untuk bersikap netral.

Saksi disiapkan PDI Perjuangan Kukar diambil dari masyarakat setempat ditugaskan sesuai dengan TPS yang diawasi. Sehingga, dapat mencegah kecurangan orang luar daerah masuk TPS menggunakan identitas warga setempat.

500 orang saksi akan bertugas di 277 TPS di Kota Tenggarong untuk mengawal jalannya pencoblosan Pilgub Kaltim, merupakan ujung tombak kemenangan pasangan calon Rusmadi Safaruddin. Sehingga diharapkan mampu bekerja keras.

Intan, Ketua BSPN Kukar mengatakan, untuk satu TPS disiapkan dua orang saksi. Saksi-saksi disiapkan dari kader PDI Perjuangan dan masyarakat setempat.

“Satu TPS kita siapkan dua orang. Saksi diberi pelatihan mengenai hak dan kewajiban saksi di TPS. Kita juga beri pelatihan mengenai Undang-Undang dan peraturan seputar Pilkada serentak 2018, terutama pengenalan formulir C1 sampai C7 hingga syarat utama bilik suara yang harus bersekat,” kata Intan.

Nantinya para saksi tersebut akan bertugas melaporkan langsung hasil penghitungan di TPS masing-masing untuk keperluan hitung cepat, termasuk mendokumentasikan formulir C1 untuk mengantisipasi terjadinya sengketa pemilu. (LVL)

(Visited 10 times, 1 visits today)
Kawal SuaraPilgub PaslonSaksi PDIP
Comments (0)
Add Comment