Kadisdikbud Kaltim Paparkan Capaian 2022 dan Rencana Kerja 2023

Kurniawan : Kita Mencapai Beberapa Penghargaan Nasional

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim gelar Jumpa Pers bersama awak media Benua Etam yang difasilitasi Diskominfo Kaltim, di Ruang WIEK, Jum’at (30/12/22).

M. Kurniawan, Kepala Disdikbud Provinsi Kaltim. (foto : Lisa)

Dalam kesempatan kali ini, Kepala Disdikbud Provinsi Kaltim M Kurniawan paparkan capaian hasil kerja, maupun seluruh rencana Disdikbud tahun 2023 mendatang.

Dikatakannya, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2021 tentang P-RPJMD 2019-2023, capaian hasil kerja Disdikbud terbagi menjadi 2 bagian, yakni Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Kunci (IKK).

“IKU dilihat dari angka partisipasi murni, target vs realisasi yang telah dicapai. Dimulai di Tahun 2019 dengan target sebesar 70 persen, dan 68,55 persen realisasi. Kemudian tahun 2020, dengan 73 persen target, 73 persen realisasi. Tahun 2021 dan 2022 mengalami peningkatan, yaitu 77 persen target serta 78,15 persen realisasi, dan 82 persen target, 83,3 persen realisasi,” urainya.

Apabila diperhatikan dengan seksama, lanjutnya, target yang ditetapkan tiap tahunnya selalu meningkat, dengan realisasi target yang juga terus membaik. Begitu pula dengan Indikator Kinerja Kunci, yang terdiri dari 10 bagian.

Baca Juga :

“Di antaranya adalah rerata lama sekolah, pengembangan ekstrakulikuler agama, kerja sama dunia usaha dan industri, persentase pendidik diploma dan sarjana, beasiswa Kaltim, sekolah jarak jauh, pelayanan pendidikan khusus, pengembangan kesenian tradisional, hingga beasiswa miskin,” paparnya.

Sementara rencana kerja tahun 2023 dimulai Disdikbud Kaltim dengan mengelola Bidang Pendidikan, pengembangan SMK, SMA, dan SLB, pengembangan tenaga pendidik, hingga peningkatan kebudayaan.

“Tahun ini kita mencapai beberapa penghargaan nasional, yakni Juara 3 Nasional Kategori Visi Pendidikan SMA, Juara 3 Nasional Kategori Inovasi Peningkatan Kualitas Pembelajaran SMA, dan penghargaan Dwija Praja Nugraha (DPN) oleh Presiden kepada Kepala Daerah Peduli Pembangunan Pendidikan.” tutupnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Lisa

Editor   : Lukman

(Visited 5 times, 1 visits today)
Disdikbud KaltimIKU IKKKadisdik Kurniawan
Comments (0)
Add Comment