Jelang Pilgub, KPU Kutim Gelar Kelas Pemilu Segmen Mahasiswa

DETAKKaltim.Com, SANGATTA : KPU Kabupaten Kutai Timur Kalimantan Timur menggelar Kelas Pemilu diikuti 30 peserta dari perwakilan mahasiswa masing-masing 10 orang dari STIPER, STAIS dan STIE Nusantara Sangatta, berlangsung di Ruang Media Center KPU Kutim, Pukul 08:00-17:00 Wita, 20-21 Desember 2016.

Ketua KPU Kabupaten Kutai Timur Fahmi Idris menjelaskan tujuan Kelas Pemilu dihelat sebagai upaya KPU Kutim dalam membangun kompetensi kepemiluan di setiap komunitas masyarakat menjelang Pemilihan Gubernur Kaltim 2018.

“Ini merupakan kegiatan perdana sebagai bagian program pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat. Kelas Pemilu kali ini diikuti unsur mahasiswa. Mereka nantinya diharapkan menjadi agen sosialisasi kepemiluan di kampus masing-masing. Mereka juga bisa menerapkan nilai-nilai demokrasi pada pemilihan calon Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan organisasi kampus lainnya,” ucap Fahmi didampingi Ketua Divisi Pengembangan SDM dan Partisipasi Masyarakat, KPU Kutim Sayuti Ibrahim di sela acara tersebut.

Adapun materi Kelas Pemilu dipaparkan lima komisioner KPU Kutim. Pada sesi pertama, peserta dibekali materi tentang prinsip dasar pemilu yang jujur, adil dan tidak diskriminatif oleh Ulfa J Farida. Kemudian materi tentang Sistem Pemilu dan lembaga penyelenggara pemilu di Indonesia dibawakan Fahmi Idris lalu dilanjutkan tanya jawab.

Untuk sesi kedua, materi tahapan pemilu disampaikan Harajatang. Kemudian dilanjutkan materi orientasi penegakan hukum pemilu dipaparkan Arafah. Lalu berlanjut materi tentang prinsip dasar partsipasi pemilu oleh Sayuti Ibrahim disertai pula tanya jawab.

Berita terkait : KPU Kutim Road to School

Kelas pemilu berlangsung selama 8 jam tersebut diikuti antusiasme seluruh peserta sejak acara dimulakan hingga berakhir.

Sesuai rencana, Kelas Pemilu segmen kaukus perempuan berlangsung 27-28 Desember 2016 dengan pemateri dari komisioner KPU Provinsi Kaltim Rudiansyah dan Samsul Hadi. (mc/kpu-kutim/LVL)

 

(Visited 15 times, 1 visits today)
Jelang PilgubKelas PemiluSegmen Mahasiswa
Comments (0)
Add Comment