Irianto : Inti Pembangunan Adalah Meningkatkan SDM

DETAKKaltim.Com, MALINAU : Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Irianto Lambrie sebutkan, inovasi dan kreativitas harus terus dikembangkan utamanya bagi setiap daerah yang ada di Kaltara. Dengan hal ini, Pemerintah Provinsi Kaltara berkeyakinan daerah tersebut akan dapat berkembang dengan baik. Kabupaten Malinau tidak menutup kemungkinan akan menjadi kabupaten yang terdepan, tidak hanya di Kalimantan Utara tetapi menjadi salah satu kabupaten terdepan di Indonesia.

“Tentu semua itu tidak gratis, perlu semangat dan kerja keras kita semua. Kita perlu membangun semangat yang sama dan kesadaran yang sama, dan yang tidak kalah pentingnya kita punya sebuah kekuatan yang tidak dimiliki oleh bangsa dan negara lain. Kita punya TNI yang solid, kita punya Kepolisian negara yang tangguh yang mereka bisa menjaga keamanan bangsa kita,” tegas Irianto, Kamis (14/7/2016) lalu, dalam acara Bulan Bhakti RT di Tanjung Lapang Kabupaten Malinau.

Terlebih sebutnya, Malinau sebuah kabupaten perbatasan yang terbesar wilayahnya, karena memiliki 52 persen wilayah Kalimantan Utara. Karena itu, Pemerintah Provinsi memberi perhatian khusus bagi upaya memajukan Kabupaten Malinau.

“Saya hadir di sini, merasa bangga dan merasa terhormat dapat memenuhi undangan bupati dan masyarakat Kabupaten Malinau, tidak banyak daerah-daerah provinsi dan kabupaten yang ada di Indonesia yang kepala daerahnya berfikir memberikan inovasi dan kreativitas yang baru. Kemajuan jangan hanya dilihat dari pembangunan fisik infrastruktur, aksesibilitas tetapi bagi mana kita rekayasa sosial untuk mengubah mind set paradigma,” tuturnya.

Selain itu lanjutnya, sebagai upaya mempercepat kemajuan masyarakat, sesungguhnya inti dari pembangunan adalah manusia, dan Malinau telah memulainya. Dalam Undang Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah secara khusus, ada satu bab yang mengurus tentang inovasi daerah.

Pencanangan RT bersih merupakan inovasi baru di Indonesia, inovasi daerah yang termasuk juga program Beras Daerah. Meskipun di tempat lain pernah melakukan yang berbeda, tetapi di sini secara khusus sebagaimana Museum Rekor Indonesia yang telah memberikan penghargaan.

Kekompakan adalah kekuatan dan hanya orang yang kuat membangun lebih cepat, dan hanya orang kuat bisa tampil sebagai pemenang dari setiap persaingan. Untuk itu ia mendukung basis pembangunan yang dicanangkan Pemerintah Daerah Malinau dengan mengembangkan Gerakan Desa Membangun.

“Banyak memang konsep pembangunan di Indonesia dikembangkan, tetapi Gerakan Desa Membangun di Malinau telah mendapatkan pengakuan dari nasional,” tandasnya. (fen)

 

 

 

(Visited 10 times, 1 visits today)
Beras DaerahGubernur KaltaraPembangunan SDM
Comments (1)
Add Comment