Ingatkan Jasmerah, Politisi PDIP Gelar Sosbang di Samarinda

Nanda : Jangan Sekali-Kali Melupakan Sejarah

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Politisi muda Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ananda Emira Moeis kembali turun menemui masyarakat, dalam rangka melaksanakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang), Sabtu (17/12/2022).

Nanda, demikian sapaan akrab wanita kelahiran Jakarta, 17 Oktober 1984 yang kini duduk di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim memilih kawasan di Jalan Bung Tomo, Sungai Keledang, Samarinda Seberang, sebagai lokasi pembekalan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya 4 Konsensus Kebangsaan kepada masyarakat.

Nanda yang kini dipercaya menjadi Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kaltim mengungkapkan, Sosbang merupakan upaya kehadira negara dalam hal ini DPRD Kaltim dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dengan bertatap muka langsung dengan masyarakat, ia dan narasumber dapat memberikan pemahaman yang lebih detail tentang Sosbang yang di dalamnya termaktub 4 Konsensus Kebangsaan.

Nanda menyebutkan, Pancasila adalah ideologi dan dasar negara. UUD 1945 adalah konstitusi negara. NKRI sebagai bentuk negara. Dan Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan negara.

“Hal inilah yang kita jelaskan ke masyarakat demi upaya menjaga NKRI dari rongrongan dan upaya pecah belah yang dilakukan oleh beberapa kelompok,” ucap Nanda.

Sebagai wakil rakyat Kaltim yang terpilih dari Daerah Pemilihan Samarinda pada Pemilu Legislatif 2019 lalu, Nanda berharap melalui Sosbang ini masyarakat dapat meningkatkan kecintaan terhadap bangsa dan negara, dan selalu mengingat jasa para pahlawan yang telah susah payah mendirikan Indonesia.

“Jangan sekali-kali melupakan sejarah (Jasmerah-red),” ucap Nanda

Hal ini menurutnya penting untuk mengembalikan pengetahuan masyarakat, bahwa berdirinya NKRI ada keringat, air mata, bahkan banyak nyawa yang gugur demi kokoh dan berdirinya Indonesia.

Baca Juga :

“Ini yang mesti kita jaga,” tegas cucu mantan Kepala Daerah Kaltim 1959, Inche Abdoel Moeis (I A Meois).

Nanda yang kini menjadi salah satu dinamisator Komisi 4 DPRD Kaltim, yang getol memperjuangkan peningkatan Sumber Daya Manusia melalui jalur pendidikan berpesan kepada masyarakat, untuk terus menumbuhkan rasa kebersamaan, rasa gotong royong dari lapisan masyarakat paling bawah. Karena inilah yang menurutnya, akan menjadi kekuatan benteng dalam menjaga NKRI.

“Harus terus tenggang rasa dan membantu secara bersama.” harap Nanda menandaskan.

Pada Sosbang kali ini Ananda Emira Moeis juga menghadirkan narasumber Ronal Stephen dan Heri Helfian. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : LVL

(Visited 7 times, 1 visits today)
Ananda Emira Moeisdprd kaltimJasmerah IndonesiaPDI PerjuanganSosbang Konsensus
Comments (0)
Add Comment