Garuda Shield 2021, Pangdam VI/Mlw Pantau Pendaratan Pasukan

Letjen TNI Heri : Pendaratan di Daerah Tanjung Harapan

DETAKKaltim.Com, SAMBOJA : Pangdam VI/Mulawarman (Mlw) Mayjen TNI Heri Wiranto menjelaskan, hari Pertama Latihan Bersama (Latma) Garuda Shield Ke-15 Tahun 2021 antara TNI Angkatan Darat (AD) dengan US Army digelar di Pantai Tanjung Harapan, Samboja, Kamis (5/8/2021) pagi.

“Diskenariokan kita melaksanakan pendaratan di daerah Tanjung Harapan, wilayah Samboja. Mereka bergerak menggunakan Kapal US Army LCU 2000 dan Kapal ADRI 45 milik Angkatan Darat, melakukan pendaratan menggunakan LCR menuju Pantai, dan melakukan serbuan Pantai,” jelas Pangdam yang datang ke lokasi latihan.

Materi latihan hari ini, jelas Pangdam lebih lanjut, berupa Field Training Exercise (FTX) yang nantinya akan melaksanakan pertempuran di darat. Dengan kekuatan 1 Batalyon, 1 Kompi di kanan dan 1 Kompi di kiri.

“Ini merupakan materi latihan yang dilatihkan bersama dengan US Army, dengan harapan mendapatkan suatu kemampuan dalam operasi tempur darat,” jelas Pangdam lebih lanjut.

Pangdam juga menjelaskan, LCU yang membawa para Prajurit berada sekitar 1.800 meter dari Pantai. Mereka kemudian bergerak menggunakan LCR, sebelum turun pada jarak sekitar 500 meter dari Pantai dengan bejalan kaki.

Dalam pengamatan Pangdam, kegiatan yang luar biasa ini berjalan dengan lancar dan baik. Tidak ada kendala, dan para Prajurit mengikuti latihan penuh semangat.

“Secara umum berjalan dengan lancar, kegiatan juga dari mulai pelaksanaan pengendalian, komunikasi LCR, pendaratan di Pantai secara umum berjalan baik dan lancar,” jelas Pangdam.

BERITA TERKAIT :

Para Prajurit yang mengikuti latihan bersama hari ini bergerak dari Pelabuhan Semayang, mereka berangkat dari Pukul 03:00 Wita dini hari dan sampai Tanjung Harapan Samboja sekitar Pukul 07:00 Wita.

Pelaksanaan Latma Garuda Shield Ke-15 tahun 2021 hari Pertama ini,  juga disaksikan Wadan Kodiklatad Mayjen TNI Kasuri dan ditinjau Irjenad Letjen TNI Benny Susianto.

Sehari sebelumnya, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa membuka Latma Garuda Shield Ke-15 Tahun 2021 antara TNI Angkatan Darat (AD) dan US Army di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

Latihan Bersama Garuda Shield yang Ke-15 tahun ini disebutkan merupakan latihan terbesar yang dilaksanakan oleh kedua negara. Diselenggarakan di 3 tempat berbeda, yaitu Puslatpur Kodiklatad-Baturaja, Amborawang- Balikpapan, dan Makalisung – Manado.

Dikutip dari Suarasumsel.id, Latma ini diikuti 2.246 orang personel TNI AD dan 2.282 personel AD Amerika Serikat (AS).

Di Balikpapan, Latma yang akan diselenggarakan hingga 14 Agustus 2021 melibatkan penyelenggara dan pelaku dari US Army sebanyak 122 personel sedangkan dari TNI AD 250 personel. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Roni S

Editor  : Lukman

(Visited 4 times, 1 visits today)
Garuda ShieldPangdam MulawarmanTanjung HarapanTNI ADUS ARMY
Comments (0)
Add Comment