Angka Stunting Balikpapan Terendah, Budiono Harap Bisa Teratasi Semua

Budiono: APBD Itu Harusnya Juga Ada Terfokus

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN: Kota Balikpapan merupakan kota angka stunting terendah di Kalimantan Timur dengan jumlah 2.001 anak stunting.

Namun saat ini telah terjadi penurunan, selain itu Pemerintah Kota (Pemkot) terus berupaya untuk menekan angka stunting di Kota Balikpapan.

Hal itu sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo, yang menargetkan angka stunting menjadi 14 persen hingga 2024 mendatang.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan Budiono mengatakan, stunting merupakan program yang menjadi perhatian khusus dari Pemerintah Pusat, Provinsi, maupun daerah.

“Bagaimanapun ini nasib generasi penerus bangsa. Stunting ini menjadi kekhawatiran kita kepada penerimaan gizi buruk, dan pola hidup yang tidak sehat,” kata Budiono, Jum’at (6/1/2023).

Lebih lanjut Budiono mengatakan, Balikpapan memang berada di posisi terbawah di Kaltim tetapi pemerintah kota harus tetap serius mengatasi permasalahan ini.

“APBD itu harusnya juga ada terfokus pada penanganan pengentasan angka stunting. Ini karena melihat nasib generasi bangsa kita,” imbuhnya.

Baca Juga:

Budiono ingin sekali ada program dari dinas terkait, baik sebelum pendeteksi maupun yang sudah terjadi. Seperti sosialisasi pemahaman sebelum nikah, maupun sosialisasi terhadap anak-anak gizi buruk.

Salah satunya, kegiatan Posyandu di tingkat RT diaktifkan lagi, karena di sana dapat mendeteksi dan melakukan pendampingan ahli gizi untuk Balita yang mengalami stunting.

“Programnya yang sudah terjadi dengan gizi buruk ini apa. Harus diberikan pendampingan terus. Saya melihat minimnya tenaga ahli gizi di Kota Balikpapan, sehingga pola gizi dan pola hidup sehat mereka tidak terpenuhi,” bebernya.

Politis Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini berharap, kepada dinas terkait agar anggaran yang sudah dikuncurkan dapat dipergunakan sebaiknya, untuk pengentasan stunting di Kota Balikpapan.

“Mudahan di tahun 2023 angka stunting bisa teratasi semua, karena mengingat generasi bangsa kita untuk menjadi lebih baik lagi.” pungkas Budiono. (DETAKKaltim.Com/Adv.)

Penulis: Jamil/Roni

Editor: Lukman

(Visited 5 times, 1 visits today)
Anak StuntingBudiono PDIPDPRD Balikpapan
Comments (0)
Add Comment