Bupati Kutim Harap Dana Bankeu Tepat Sasaran Tingkatkan Kualitas Desa

Ardiansyah: Menarik Bagi Saya Terkait Bankeu Khusus

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR: Dalam Pembukaan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Bantuan Keuangan (Bankeu) Pemerintahan Desa 2021 dan 2022 serta asistensi Bankeu 2023, Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman meminta agar para Desa memanfaatkan porgram Bankeu Desa Berprestasi.

Meskipun seluruh Desa dipastikan ingin menjadi bagian yang berprestasi, ia tetap mendorong Desa di Kutai Timur agar menjadikan program Bankeu Desa Berprestasi sebagai sarana untuk meningkatkan Desanya.

“Menarik bagi saya terkait Bankeu khusus bagi Desa Berprestasi, saya berharap masing-masing Desa yang hadir menjadikan ini sebagai sarana untuk meningkatkan pembangunan di Desanya,” ungkap orang nomor satu di Kutai Timur itu, Senin (10/4/2023).

Baca Juga:

Pasalnya, ia menilai bahwa Pemerintah Provinsi dalam memberikan program pasti ada dasarnya. Dimana salah satunya, pembangunan suatu daerah berada pada pemerintahan paling bawah, mulai dari Desa dan Kelurahan.

Apabila pemerintahan di tingkat Desa atau Kelurahan bisa menunjukkan prestasi yang bagus, maka akan mempengaruhi pemerintahan di atasnya.

Seperti halnya, persoalan penurunan stunting yang menjadi fokus dari arahnya Bankeu Desa dari Provinsi.

“Termasuk di Kutim, meskipun secara data ada penurunan stunting, ini juga jadi perhatian khusus bagi aparatur Desa di masing-masing Desa,” bebernya.

Saat ini, ia mengajak untuk meningkatkan kualitas dan performa Desa. Dimana Kutim baru memiliki 22 Desa yang berstatus mandiri, dan masih memiliki Desa tertinggal sejumlah 2 Desa. Seperti Desa Tebangan Lembak di Kecamatan Bengalon, dan Desa Mugi Rahayu di Kecamatan Batu Ampar.

“Saya harap dinas terkait, agar melakukan pendampingan semaksimal mungkin, pendekatan, evaluasi atau monitoring di lapangan agar Bankeu ini tepat sasaran dan sesuai yang diamanatkan dengan Peraturan Gubernur, jangan sampai program yang terarah ini bisa lepas.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/ADV Diskominfo Kutim

Editor: Lukman

(Visited 12 times, 1 visits today)
Ardiansyah SulaimanBankeu DesaBupati Kutim
Comments (0)
Add Comment