Satgas Pamtas RI-Malaysia Gagalkan Penyelundupan Ratusan Kaleng Miras

Kolonel Kav Kristiyanto: Barang Bukti Telah Kami Amankan

0 89

DETAKKaltim.Com, NUNUKAN: Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI – Malaysia Yonarmed 11 Kostrad Pos Labang berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 17 dus atau sebanyak 408 kaleng minuman keras merk Huster yang diduga berasal dari Malaysia.

Penyelundupan ini berhasil diungkap di tepi Sungai Desa Bululaon, Kecamatan Lumbis, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Senin (30/9/2024).

Kejadian berawal dari laporan salah satu warga, yang memberikan informasi kepada Komandan Kompi Pos Lumbis Kapten Arm Bagus Wahyuni. Warga tersebut menyampaikan, malam itu akan ada pengiriman barang ilegal dari Malaysia melalui tepi Sungai Desa Bululaon.

Menanggapi informasi tersebut, Kapten Bagus Wahyuni langsung memerintahkan anggotanya untuk melakukan penyergapan (ambush).

Dengan menggunakan Long Boat, Serda Yayan Cahya Sumirat beserta empat personel lainnya bergerak menuju lokasi yang diduga menjadi tempat masuknya barang-barang ilegal. Mereka menyusuri tepi sungai di Kecamatan Lumbis, untuk memastikan area tersebut aman dari aktivitas ilegal.

Dalam perjalanan, Tim Patroli melihat beberapa kantong plastik berwarna biru dan hitam berbentuk kotak yang mencurigakan di tepi sungai. Setelah mendekat dan melakukan pemeriksaan, ditemukan bahwa plastik-plastik tersebut berisi minuman keras merk Huster, dengan jumlah total 17 dus atau 408 kaleng.

Penemuan ini menjadi bukti nyata, upaya penyelundupan barang-barang ilegal dari Malaysia masih marak terjadi di wilayah perbatasan Indonesia. Minuman keras yang diselundupkan tersebut diduga akan dijual secara illegal, di wilayah Kalimantan Utara.

“Operasi ini merupakan bagian dari komitmen Satgas Pamtas Yonarmed 11 Kostrad dalam menjaga keamanan perbatasan Indonesia-Malaysia, terutama dalam mencegah masuknya barang-barang ilegal yang dapat merusak generasi muda dan stabilitas ekonomi setempat,” kata Komandan Satgas Pamtas Yonarmed 11 Kostrad Letkol Arm Gde Adhy Surya Mahendra.

Baca Juga:

Barang bukti minuman keras tersebut kini telah diamankan oleh Satgas Pamtas Yonarmed 11 Kostrad, untuk selanjutnya diserahkan kepada pihak berwenang guna proses hukum lebih lanjut.

Kapendam VI/Mlw Kolonel Kav Kristiyanto, S.Sos., mengkonfirmasi di tempat terpisah terkait pengungkapana tersebut.

“Benar adanya penangkapan tersebut. Barang bukti telah kami amankan dan serahkan kepada pihak berwenang. Kodam VI/Mlw melalui Yonarmed 11/GG Kostrad akan terus berkomitmen menjaga kedaulatan perbatasan RI-Mly, demi terciptanya keamanan dan ketertiban di wilayah perbatasan negara.” kata Kolonel Kav Kristiyanto. (DETAKKaltim.Com)

Sumber: Rilis Pendam VI/Mlw

Editor: Lukman

(Visited 18 times, 18 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!