Cawagub Kaltim Berikan Tips Milenial dan Gen Z Meraih Sukses

Hadi: Membangun Kerja Sama dan Relasi Yang Baik

0 73

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Hadi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), memberikan pandangannya mengenai pentingnya memiliki tujuan hidup yang bermakna dan menjalani kehidupan dengan kesadaran akan nilai-nilai luhur.

Ditegaskan Hadi, kesuksesan bukanlah sesuatu yang datang dengan sendirinya, melainkan hasil dari sebuah proses panjang yang melibatkan ketekunan, kerja keras, dan visi yang jelas.

Hadi memulai pesannya dengan menggambarkan, bagaimana sebuah tujuan hidup dapat membentuk cara pandang seseorang. Ia mengisahkan tentang seorang pria yang mengunjungi proyek pembangunan, dan bertanya kepada beberapa pekerja tentang apa yang mereka kerjakan.

“Jawaban dari masing-masing pekerja menunjukkan perspektif yang berbeda, ada yang mengatakan ia hanya bekerja untuk memenuhi kebutuhan, sementara yang lain menjelaskan bahwa ia sedang membangun fondasi bangunan,” jelas Hadi,

Namun, lanjut Hadi, jawaban yang paling menarik perhatian datang dari seorang pekerja yang berkata, “Saya sedang membangun peradaban manusia”.

Bagi Hadi, jawaban ini menunjukkan bahwa makna pekerjaan terletak pada bagaimana seseorang memandang apa yang dilakukannya.

Ia menegaskan bahwa meskipun tidak ada jawaban yang salah, sudut pandang tersebut mencerminkan besarnya perbedaan antara bekerja hanya untuk kebutuhan dasar dan bekerja dengan visi yang lebih besar dan bermakna.

“Makna pekerjaan dapat memberikan semangat lebih besar, dan mendorong seseorang melangkah lebih jauh. Ketika kita bekerja dengan tujuan yang lebih tinggi, kita tidak hanya menjalani rutinitas, tetapi juga berusaha memberikan dampak yang positif bagi diri sendiri dan orang lain,” tutur Hadi.

Baca Juga:

Iapun mengajak generasi muda untuk memiliki cita-cita sederhana yang bermakna, seperti membahagiakan orang tua atau wali.

Lebih dari itu, Hadi mendorong anak muda untuk menjadikan kebahagiaan masyarakat luas sebagai bagian dari tujuan hidup mereka. Menurutnya, cita-cita yang luhur ini akan memberikan motivasi positif dan menjadi pendorong kuat untuk mengatasi berbagai rintangan yang dihadapi dalam hidup.

Hadi juga menekankan pentingnya memiliki perencanaan yang matang dalam hidup. Menurutnya, usia 20-an adalah fase yang sangat penting untuk mulai merancang masa depan. Tanpa perencanaan, seseorang bisa kehilangan arah dan membuang waktu sia-sia.

Usia muda menurut Hadi, merupakan momen krusial untuk merencanakan kehidupan. Ini bukan hanya tentang impian, tapi bagaimana kita merancang langkah-langkah konkret untuk mencapainya.

Hadi mengingatkan bahwa di usia 20-an, seseorang idealnya sudah memulai proses yang ia sebut sebagai “KKN,” yaitu Kuliah, Kerja, dan Nikah. Ia menjelaskan bahwa memulai karier dan membangun hubungan di usia tersebut, akan membantu menciptakan kehidupan yang lebih stabil dan seimbang.

“Menikah di usia ini juga sebaiknya dipertimbangkan, karena akan membantu dalam membangun fondasi hidup yang lebih kuat.” tutup Hadi.

Sebagai penutup, Hadi menyampaikan sembilan prinsip yang menurutnya dapat memandu seseorang dalam meraih kesuksesan:

  1. Bekerja dengan tulus dan ikhlas;
  2. Hidup dengan perencanaan yang matang;
  3. Bekerja dengan cita-cita yang luhur.
  4. Bekerja keras;
  5. Membangun kerja sama dan relasi yang baik;
  6. Mengembangkan komunikasi yang efektif;
  7. Bekerja dengan penuh cinta;
  8. Berdoa;
  9. Berbakti kepada orang tua. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Lisa

Editor : Lukman

(Visited 5 times, 5 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!