Sekretaris Dispar Kaltim Ungkap Peran Pariwisata Terhadap Perekonomian Daerah

Yekti: Memberikan Sumbangan Terhadap Penerimaan Devisa

0 39

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Yekti Utami, menekankan pentingnya peran Sektor Pariwisata dalam mendukung perekonomian daerah.

Menurut Yekti, Pariwisata memiliki keterkaitan erat dengan berbagai Sektor Ekonomi. Sektor Pariwisata tidak hanya menyumbang penerimaan devisa, tetapi juga meningkatkan kesempatan berusaha dan membuka beragam lapangan pekerjaan, serta berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan Pemerintah Pusat dan Daerah.

“Sektor Pariwisata memberikan sumbangan terhadap penerimaan devisa, peningkatan kesempatan berusaha, beragam lapangan pekerjaan, serta peningkatan pendapatan Pemerintah Pusat dan Daerah,” tuturnya.

Baca Juga:

Yekti menuturkan hal tersebut dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara Melalui Pengembangan Daya Tarik Produk Kalimantan Timur, besutan Kemenparekraf RI yang nenghadirkan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Saifudian di Hotel Harris Samarinda, Minggu (30/6/2024).

Dalam pandangannya, pandemi COVID-19 telah menyebabkan kontraksi ekonomi yang berdampak besar pada semua sektor, termasuk Pariwisata. Banyak pelaku industri Pariwisata mengalami masa sulit akibat pembatasan perjalanan, dan penurunan drastis jumlah wisatawan.

“Namun setelah pandemi berlalu, banyak hal harus dilakukan agar perekonomian di Sektor Wisata ini dapat segera bangkit dan berkembang,” ungkapnya.

Untuk mencapai pemulihan ini, Yekti menyebutkan perlunya upaya promosi wisata yang masif dan terarah. Ini dapat dilakukan melalui berbagai penyelenggaraan event, baik skala lokal maupun nasional, yang dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Strategi promosi yang dapat diterapkan antara lain pemasaran melalui media sosial, penggunaan konten visual yang menarik, pengembangan paket promosi wisata yang kreatif, serta partisipasi dalam Pameran Pariwisata di berbagai kota.

Yekti juga menekankan pentingnya kesiapan sarana dan prasarana penunjang pariwisata. Fasilitas yang memadai dan berkualitas sangat diperlukan, untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman yang baik bagi wisatawan.

Selain itu, Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan terampil dalam mengelola serta mengembangkan potensi wisata, menjadi kunci utama dalam menarik minat wisatawan.

“SDM yang profesional dan berwawasan luas akan mampu mengolah daya tarik wisata, yang ada sehingga dapat menjadi destinasi yang diminati oleh wisatawan.” tandasnya.

Yekti juga mengajak semua pihak untuk bekerja sama, dalam mendukung dan memajukan Pariwisata di Kaltim. Sinergi antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat sangat diperlukan untuk menciptakan iklim Pariwisata yang kondusif dan berkelanjutan. (DETAKKaltim.Com/ADV.Diskominfo)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 30 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!