Peserta Mahakam Run 2024 Akan Dilengkapi Chip, Potong Jalan Auto Diskualifikasi

Diikuti 2 Ribu Peserta, Berhadiah Uang Tunai

0 40

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: “Explore The Beauty of East Borneo” akan menjadi tema besar dari Mahakam Run 2024, yang akan dihelat pada 25 Agustus 2024. Dikatakan Race Director Mahakam Run Husni Kamil, Mahakam Run memiliki tiga kategori race, yakni : 5K, 10K, dan Half Marathon 21K.

Khusus kategori 5K akan terbagi menjadi 2 kelompok, yakni umum dan pelajar,  kemudian kategori half marathon juga akan terbagi menjadi dua, umum dan masyarakat.

“Ada hadiahnya, uang tunai akan diumumkan di instagram mahakamrun,” jelas Husni saat menggelar Jumpa Pers di Hotel Harris, Minggu (30/6/2034) siang.

Hanya akan ada 2.000 pelari yang dapat mengikuti acara tersebut, dengan diikuti oleh berbagai kalangan, baik Pelajar, Mahasiswa, masyarakat umum, hingga komunitas (SMDRUN, TEAM08PM, Helo Kaltim, HSA, FIM Samarinda, My Speaker, dan APFI Samarinda).

Menurut Husni, panitia penyelenggara menyiapkan 5 cheering point dengan nuansa khas Kaltim. Hal ini selaras dengan konsep Mahakam Run, yang menggaungkan Sport Tourism di Kalimantan Timur yang menggabungkan Olahraga dan Pariwisata.

“Kita ada 5 titik untuk mengakomodir, dimana satu titik dilewati oleh 5K, 2 titik dilewatin 10K, dan 21K,” jelasnya.

Pihak penyelenggara juga akan menyediakan 7 water station dan 1 refreshment station,  Marshall dan tim medis di sepanjang rute, hingga Tim Pacer untuk membantu pelari mencapai garis finish.

Selain itu, para peserta Mahakam Run nantinya akan menerima chip, yang ditempel di bagian bib tag atau nomor dada masing-masing pelari.

“Ada mesin di beberapa titik, peserta akan dapat chip dan juga kaos, mereka akan cek apakah sudah benar atas nama mereka,” terangnya.

Untuk itu, seluruh peserta nanti diharuskan untuk melakukan pengecekan sebelum lomba, sebab apabila ternyata tidak sesuai antara nama dan nomor dada, pelari tidak dapat mengikuti kegiatan.

“Tidak bisa masuk kalau nomor dadanya tidak sesuai dengan namanya,” tegas Husni.

Disinggung apakah para peserta dapat memotong jalan dalam acara mendatang, Husni mengatakan bahwa hal tersebut bisa-bisa saja dilakukan. Hanya saja chip yang terpasang di nomor dada peserta, akan mendeteksi dan peserta otomatis akan didiskualifikasi.

 “Mereka bisa motong jalan gak? bisa, tapi akan terdeteksi dari chip kalau mereka tidak melewati check point dan akan didiskualifikasi,” tuturnya.

Dalam kegiatan ini, keluarga dari masing-masing peserta dapat menonton dari rumah secara langsung, seluruh peserta nantinya juga akan mendapatkan medali dan design tiket yang menunjukkan waktu tempuh mereka.

Mahakam Run 2024 ini merupakan gagasan Wakil Ketua Komisi X DPR RI yang membidangi Olahraga dan Pariswisata Hetifah Sjaifudian dari Dapil Kaltim. Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan, dengan peserta 2 ribu orang dan pastikan lebih banyak dari penyelenggaraan tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 800 orang. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 51 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!