Disnakertrans Kaltim Siapkan SDM Berkelanjutan Khusus di IKN

Rozani: Kebijakan Anggaran Telah Kami Benahi

0 32

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Rozani Erawadi optimis, tenaga kerja lokal akan memenuhi kebutuhan proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Sejak pengumuman pemindahan IK ke Kalimantan, Disnakertrans Kaltim telah berupaya mendorong sumber daya manusia yang berkualitas dan berkelanjutan melalui pelatihan, dimana pada tahun 2023 persiapan telah dimulakan.

“Tahun ini, kami terus berupaya meningkatkan kualitas tenaga kerja kita,” ujar Rozani, beberapa waktu lalu.

Komitmen pemerintah tercermin dari peningkatan anggaran pendidikan dan pelatihan yang signifikan, dari Rp6 Milyar menjadi Rp23 MilYar. Pelatihan yang diselenggarakan mencakup berbagai bidang, dengan fokus khusus pada mekanik alat berat yang dibutuhkan dalam proyek konstruksi IKN.

10 angkatan pelatihan telah disiapkan Disnakertrans Kaltim, dengan sekitar 160 orang siap mendukung pembangunan IKN.

Rozani berharap perusahaan yang terlibat dalam proyek ini, memanfaatkan tenaga kerja yang telah terlatih. Ia juga menekankan pentingnya kesepakatan yang adil terkait upah, agar tenaga kerja terampil tidak mencari peluang di tempat lain.

“Pemprov tidak hanya fokus pada pelatihan, tetapi juga pada kesejahteraan tenaga kerja,” katanya.

Baca Juga:

Di sisi lain, Pemprov Kaltim juga telah memperluas pelatihan ke sektor konstruksi dengan program yang dirancang, untuk memenuhi standar kompetensi yang dibutuhkan. Dalam kerja sama dengan Otorita IKN, Pemerintah Provinsi berkomitmen untuk memfasilitasi hubungan antara alumni pelatihan dan perusahaan konstruksi, yang membutuhkan tenaga kerja terampil.

“Kebijakan anggaran telah kami benahi, untuk memastikan bahwa Pemerintah Daerah mendukung pembangunan IKN.” tutupnya.

Tantangan dalam mencocokkan tenaga kerja yang dilatih dengan kebutuhan perusahaan selama ini memang menjadi tantangan, akan tetapi Disnakertrans Kaltim juga terus meningkatkan upaya bersama-sama menciptakan kesesuaian yang lebih baik, antara pemberi dan penerima kerja. (DETAKKaltim.Com/ADV.Diskominfo)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 25 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!