Rekor Muri Pengukuran Tekanan Darah Massal Digelar Dinkes Kaltim

 Targetkan 16.500 Pengukuran Seluruh Kaltim

0 53

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Timur (Kaltim) Jaya Mualimin mengajak semua pihak, untuk memperkuat komitmen dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengendalian tekanan darah.

Ajakan ini disampaikan dalam rangkaian kegiatan pemecahan rekor MURI untuk pengukuran tekanan darah massal, memperingati Hari Hipertensi Sedunia yang jatuh pada 17 Mei, dengan target 16.500 pengukuran di seluruh Kabupaten/Kota di Kaltim.

Selain pengukuran tekanan darah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kaltim, juga mengadakan pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti gula darah, kolesterol, dan asam urat secara gratis.

Kegiatan lainnya termasuk peluncuran buku saku elektronik, bazar UMKM, hingga pembagian berbagai doorprize menarik.

“Ini merupakan salah satu upaya utama kita dalam menjaga Kesehatan, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujar Jaya dalam sambutannya, mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik di Halaman Kantor Gubernur, Minggu (9/6/2024) pagi.

Baca Juga:

Jaya menekankan bahwa hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah masalah kesehatan yang sering diabaikan, meskipun memiliki dampak serius seperti risiko penyakit jantung, stroke, dan gangguan ginjal.

Tema tahun ini menyoroti pentingnya pengukuran tekanan darah yang tepat, dan kontrol dengan konsumsi obat secara teratur. Pengukuran yang akurat adalah langkah awal yang sangat penting untuk mengetahui kondisi tekanan darah, sehingga bisa mengambil tindakan pengendalian yang tepat.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk rutin memeriksa tekanan darah, baik melalui fasilitas kesehatan yang tersedia maupun dengan alat pengukur tekanan darah di rumah,” ajaknya.

Lebih lanjut Jaya menegaskan, pengendalian tekanan darah melalui konsumsi obat yang teratur sangatlah penting. Kepatuhan dalam mengonsumsi obat yang diresepkan oleh Dokter, adalah kunci utama untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Ini tidak hanya mencegah komplikasi jangka panjang, tetapi juga memastikan kualitas hidup yang lebih baik dan lebih panjang.

Jaya juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dari seluruh Kabupaten/Kota, yang berpartisipasi dalam menyukseskan rekor MURI pengukuran tekanan darah. Menurutnya, ini adalah prestasi yang membanggakan dan menunjukkan kesadaran akan pentingnya kesehatan masyarakat.

“Semoga pencapaian ini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua, untuk terus menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup.” tutupnya. (DETAKKaltim.Com/ADV.Diskominfo)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 45 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!