Kepala DPMD Kukar Ungkap Kendala Pemenuhan Nakes di Tabang      

DPMD Tingkatkan IKS Sejumlah Desa  

0 65

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG: Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), terus berupaya meningkatkan status Indek Desa Membangun (IDM) sejumlah Desa yang ada di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara. Terutama terkait Indeks Ketahanan Sosial (IKS). Hal ini disampaikan Kepala DPMD Kukar Arianto, Rabu (5/6/2024).

Ia menjelaskan, salah satu peningkatan Indeks Ketahanan Sosial berupa pemenuhan tenaga medis. Seperti Dokter, Perawat dan Bidan di suatu Desa. Dimana untuk memenuhi kebutuhan Tenaga Kesehatan di Desa, pihak DPMD Kabupaten Kutai Kartanegara menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar dalam hal pemenuhan Nakes.

Sementara proses pengangkatan dan honorarium, berasal dari Bantuan Keuangan Khusus Desa (BKKD). Agar pemenuhan Perawat atau Bidan bagi Desa yang belum memiliki Nakes, bisa segera terpenuhi.

“Salah satunya upaya memenuhi kebijakan satu Desa satu Bidan dan Perawat,” ungkap Arianto.

Baca Juga:

Lebih lanjut Arianto mengungkapkan, Terkait Sumber Daya Manusia (SDM)pun diakui memang belum terpenuhi dan sangat minim. Seperti halnya di wilayah Kecamatan Tabang. Meskipun sudah disiapkan mekanismenya, baik itu proses rekrutmen hingga sistem honorariumnya, belum bisa memenuhi kebutuhan Nakes di daerah tersebut.

“Karena orang setempat tidak ada SDM-nya, dan dari luarpun masih belum berani dikarenakan letak geografis serta kondisi wilayah yang cukup jauh dari perkotaan,” ungkap Arianto.

Ia berharap putra daerah setempat dari sekarang mempersiapkan diri, untuk bisa mengabdi buat daerahnya terutama untuk Tenaga Kesehatannya. (DETAKKaltim.Com/ADV.Prokom)

Penulis: Alim

Editor: Lukman

(Visited 39 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!