Prajurit Kodam VI/Mlw Kawal Logistik Pemilu Hingga TPS Terluar

Dihadang Hujan, Sembilan Jam di Hutan Belantara Meratus

0 213

DETAKKaltim.Com, BARABAI: Demi memenuhi hak politik setiap warga negara yang telah memenuhi syarat untuk memilih pada Pemilu Legislatif dan Presiden-Wakil Presiden, sejumlah Prajurit Kodam VI/Mulawarman (Mlw) berjuang mengantar logistik Pemilu hingga daerah terluar Indonesia.

Setelah hampir 9 jam berjalan kaki di tengah belantara hutan Meratus, Babinsa Kodim 1002/HST Korem 101/ANT Kodam VI/Mlw, yang tergabung dalam tim pengawalan distribusi logistik Pemilu 2024 untuk Desa terluar berhasil tiba dengan aman dan lengkap, Minggu (11/02/2024) malam.

Pangdam VI/Mlw Mayor Jendral TNI Tri Budi Utomo melalui Penerangan Kodam (Pendam) dalam rilis Persnya yang diterima DETAKKaltim.Com, Selasa (13/2/2024) menjelaskan, Kopda Zainal Hilmi sosok pengawal “benda” nasib Bangsa Indonesia tersebut.

“Tim yang menuju ke Desa Aing Bantai sebanyak enam belas orang terdiri dari saya sendiri dan Praka Agus Lianoor, anggota Polres Hulu Sungai Tengah empat orang dan Porter (pembawa logistik Pemilu 2024) sebanyak sepuluh orang,” jelas Kopda Zainal Hilmi yang dilansir Pendam VI/Mlw.

Tim menuju Desa Atiran menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua, setelah dilepas di Kecamatan Batang Alai Timur.

“Setelah dilepas di Kantor Kecamatan Batang Alai Timur, Minggu (11/02/2024) kemarin sekitar Pukul 08:00 Wita, kami langsung menuju Desa Atiran sejauh lima Kilometer menggunakan kendaraan roda empat dan dua,” jelas Kopda Zainal Hilmi lebih lanjut.

Baca Juga:

Selanjutnya, dari Desa Atiran menuju Desa Batu Perahu berjarak sekitar 8,1 Kilometer menggunakan kendaraan roda dua dan tiba sekitar pukul 13.30 Wita.

Setelah istirahat 30 menit, menurut penuturan Babinsa Koramil 1002-01/Batang Alai tersebut, sekitar Pukul 14:00 Wita, tim melanjutkan perjalanan menuju Desa Aing Bantai yang berjarak kurang lebih 16 Kilometer dengan kondisi medan berupa pegunungan.

“Medan yang kami lalui sangat sulit, dari jalan setapak yang licin, bebatuan yang tajam, tak jarang akar-akar pohon melintang di jalan menambah sulitnya medan yang kami tempuh,”ungkapnya.

Ia menambahkan, cuaca tidak dapat diprediksi. Kadang panas, beberapa menit kemudian dingin. Bahkan kabut datang menyelimuti sepanjang perjalanan, dengan suhu mecapai 10 derajat.

“Satu jam sebelum sampai di Desa Aing Bantai cuaca mulai tidak bersahabat, hujan lebat disertai guntur sehingga kami memutuskan untuk istirahat sejenak sambil menunggu hujan agak reda,” tambahnya.

Semua logistik Pemilu 2024, akhirnya sampai ke tujuan menjelang tengah malam.

“Sekitar Pukul 22:24 Wita, kami sampai di TPS 2 Desa Aing Bantai Kecamatan Batang Alai Timur Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dengan selamat dan aman serta logistik Pemilu Serentak Tahun 2024 tidak ada kerusakan.” tandas Kopda Zainal Hilmi.

Pemilu Anggota Legislatif, Presiden dan Wakil Presiden akan digelar, Rabu (14/2/2024), secara serentak di seluruh wilayaha Indonesia. (DETAKKaltim.Com)

Sumber: Pendam VI/Mlw

Editor: Lukman

(Visited 204 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!