Tiga Daerah di Kaltim Rampungkan Dokumen RP3KP 

0 133

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Kabar baik bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) untuk mendapatkan rumah murah. Karena, tiga dari 10 Kabupaten/Kota di Kaltim, yakni Balikpapan, Berau dan Kutai Kartanegata (Kukar) telah merampungkan penyusunan dokumen Rencana Pembangunan, Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (RP3KP).

Hal itu diungkapkan Kepala Satuan Kerja Non Vertikal (SNVT), La Usman.

“Kami apresiasi tiga daerah di Kaltim yang lebih cepat merampungkan penyusunan RP3KP. Karena, dokumen itu jadi acuan pembangunan program dan pusat perumahan dan kawasan permukiman di daerah,” kata La Usman kepada DETAKKKaltim.Com, Selasa (22/8/2017).

Ia berharap 7 daerah yang sedang menyusun, bisa segera merampungkan dokumen RP3KP. Sehingga, arah pembangunan perumahan dan kawasan permukiman semakin jelas dan terarah.

“Karena dokumen RP3KP itu jadi acuan seluruh daerah untuk pembangunan perumahan dan permukiman di seluruh Indonesia, termasuk di Kaltim. Karena, di dalam RP3KP sudah ditentukan kawasan khusus untuk perumahan dan permukiman sesuai Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR),” tambah La Usman.

Konsultan/TAPP RP3KP Elvyani NH Gaffar menambahkan, tiga daerah yang telah menyusun dokumen RP3KP akan dilanjutkan proses review. Untuk 7 daerah yang sedang menyusun, juga diberikan pendampingan dan diberi modul. Proses pendampingan itu disampaikan dalam rapat teknis I, II, dan III di Hotel Bumi Senyiur Samarinda dan berlanjut rapat teknis IV di Kantor Bappeda Kukar diikuti 10 Kabupaten/Kota di Kaltim.

“Kukar sudah menyusun RP3KP sejak 2013, Berau dan Balikpapan sudah rampung sejak 2014. Selanjutnya, akan di review dokumen. Bagi daerah yang belum rampung diharapkan segera menuntaskan. Karena, daerah yang mampu rampungkan dokumen RP3KP akan diberi reward dana perumahan dan permukiman melalui APBN,” tambah Elvyani, anggota Pokja PKP Kaltim.

Ketua Asosiasi Pengembang Perumahan Rakyat Indonesia (Asperi) Kaltim ini meminta wakil rakyat di Provinsi, Kabupaten, dan Kota mendukung alokasi anggaran penyusunan dokumen RP3KP, khususnya Pemprov Kaltim, dan 7 daerah agar pencapaian sesuai harapan.

“Keberpihakan pemerintah sangat diharapkan. Karena, program pembangunan perumahan, kawasan permukiman merupakan program nasional yang harus didukung dan disukseskan,” pintanya. (Z7)

(Visited 5 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!