Tanggapi Keluhan Petani Jagung, Dandim 0913/PPU Buka Suara

0 52

DETAKKaltim.Com, PPU : Letkol Dwi Imam  Subagio, Dandim 0913/PPU, Kalimantan Timur, berharap  Pemerintah  Penajam Paser Utara (PPU) memberikan solusi standarisasi dan kepastian harga Jagung pipil yang sampai saat ini sangat diharapkan para petani Jagung di wilayahnya. Seperti yang disampaikan  salah  satu gabungan kelompok tani (Gapoktan) Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku.

“Yang diharapkan para petani Jagung di Penajam Paser Utara kehadiran dan upaya pemerintah dalam menentukan harga Jagung,”  sebut Letkol Dwi Imam Subagio kepada DETAKKaltim.Com di Mako Kodim 0913/PPU, Selasa (17/10/2017 ) siang.

Menurutnya, seharusnya para petani Jagung tidak lagi dibebani pikiran setelah panen ke mana mereka harus menjual. Dan siapa yang  menampung hasil panennya.

“Harapan saya, pemerintah melalui  unit perusahan Perusda membeli  dan menampung Jagung dari para petani,” imbuhnya.

Untuk saat ini, lanjutnya, pihaknya mencari solusi dengan mencarikan pembeli yang bersedia memberikan kepastian harga kepada petani Jagung. Salah satu upaya yang dilakukannya dengan berkoordinasi pihak pabrik dari luar PPU. Antara lain dari Kalimantan Selatan  dan  Pulau Jawa, yaitu Jagung para petani ditawarkan ke pabrik untuk kebutuhan pakan ternak.

Dandim juga menuturkan, untuk  kegiatan tahun ini pihaknya sudah  melakukan  koordinasi  dengan Dinas Pertanian Provinsi untuk melakukan penanaman Padi di empat Kecamatan PPU. Rencananya sekitar 4.000 hektar. Fokusnya di Kecamatan  Babulu  seluas sekitar 2.000 hektar, selanjutnya Kecamatan Waru, Penajam dan Sepaku.

Berita terkait : Renovasi Rumah Veteran, Dandim 0913/PPU Serahkan Kunci

Untuk tanaman Jagung di empat Kecamatan  rencananya  3.500 hektar, difokuskan  di Kecamatan Sepaku dan tiga Kecamatan lain  yaitu Babulu, Waru dan Penajam.

“Kami berharap  peran aktif pemerintah mencarikan solusi yang  menjadi keluhan para petani, agar hasil yang dicapai sesuai dengan harapan para petani,” tandasnya. (amran)

(Visited 13 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!