Sosialisasi di Kodim 0905 Balikpapan, KPU Targer Pemilih 77,5 Persen

0 109

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan diundang sebagai pembicara tentang Sosialisasi Pilkada Kota Balikpapan Tahun 2020 yang dihadiri Dandim 0905 Balikpapan Letkol Arm I Gusti Putu Agung Sujarnawa dan sejumlah pejabat utama di lingkungan Kodim 0905 Balikpapan. Hadir pula seluruh anggota Babinsa Kodim 0905 Balikpapan, yang digelar di ruang pertemuan Markas Kodim 0905 Balikpapan, Rabu (29/01/2019).

Sebagai pembicara Ketua KPU Kota Balikpapan Noor menyampaikan beberapa tahapan tentang pelaksanaan Pilkada Kota Balikpapan Tahun 2020. Hal ini susah sesuai dengan PKPU Nomor 16 Tahun 2019 tentang : Program dan Jadwal Penyelenggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

Thoha juga menyampaikan saat ini KPU sudah melaksanakan perekrutan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan sekarang ini akan memasuki tahapan ujian tertulis. Kemudian akan ada lagi tes bagi 10 besar yang lolos ujian tertulis bagi calon anggota PPK

Dandim 0905 Balikpapan Letkol Arm I Gusti Putu Agung Sujarnawa mengatakan bahwa kegiatan ini lebih kepada diskusi tentang Pilkada Kota Balikpapan Tahun 2020. Ia juga menyebut bahwa sosialisasi ini adalah sebuah bentuk diskusi di lingkungan Kodim 0905 Balikpapan.

“Dengan kegiatan sosialisasi ini, kami bisa membantu untuk mensosialisasikan. Karena kami menilai sosialisasi ini masih dalam batasan wajar karena tidak mengganggu netralitas TNI,” kata Dandim.

Peran Babinsa, kata Dandim, di tengah masyarakat selain mejaga kondusifitas di daerahnya juga dapat mensosialisasikan tentang akan adanya Pilkada Kota Balikpapan pada 23 September Tahun 2020.

“Peran Babinsa ini juga bisa menyelipkan untuk mengajak masyarakat agar berpartipasi dan berperan aktif untuk menggunakan hak pilihnya. Di mana Babinsa sebenarnya adalah ujung tombak TNI. Keberadaan Babinsa di setiap desa atau kelurahan begitu penting bagi TNI,” ujar I Gusti Putu Agung Sujarnawa.

Dandim juga menyampaikan bahwa proses Pilkada Tahun 2020 ini bisa maksimal, berjalan lancar dan sukses.

“Jadi selain tugas kami sebagai pengamanan. Kami di Kodim 0905 Balikpapan turut menyuarakan kepada masyarakat supaya masyarakat bisa berperan aktif untuk mengikuti Pilkada di Balikpapan,” imbuhnya.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha menyampaikan bahwa penyelenggaraan Pilkada Kota Balikpapan dituntut untuk sukses. KPU Kota Balikpapan tidak bisa berjalan sendiri dan harus dibackup oleh seluruh stake holder.

“Salah satu stake holder terkait adalah TNI dan Polri. Maka hari ini kami hadir di Kodim 0905 Balikpapan. Dalam rangka kami membekali kepada seluruh anggota Babinsa Babinsa yang ada di Balikpapan, dengan harapan agar para anggota Babinsa ini mampu menyampaikan kepada seluruh masyarakat betapa pentingnya menggunakan hak pilih,” jelas Noor Thoha.

Pembekalan dari KPU Kota Balikpapan kepada seluruh Anggota Babinsa Kodim 0905 Balikpapan ini dikarenakan para anggota Babinsa ini merupakan ujung tombak dari TNI.

“Beliau beliau ini kalau ngomongkan didengar masyarakat. Kalau anggota Babinsa ini bicara, maka orang orang di sekitarnya akan diam. Karena ini momentumnya Pilkada, maka setiap pembicaraan Babinsa ini diharapkan untuk fokus kepada Pilkada. Sekaligus menangkal berita berita hoax,” kata Thoha

Target KPU Kota Balikpapan sendiri adalah partisipasi yang tinggi. Karena KPU ditarget dengan partisipasi adalah sebesar 77,5 persen.

“Ini berat untuk Pilkada itu. Maka dengan berbagai upaya yang kami lakukan, bahwa seluruh stakeholder yang terkait untuk kita gerakkan agar dapat mendongkrak partisipasi warga dalam memilih pada PilkadaKota Balikpapan tahun 2020,” tandas. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor  : Lukman

(Visited 38 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!