Nekat Edarkan Sabu di Bulan Ramadhan, Min Diringkus Satresnarkoba

0 108

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR: Jika sejumlah kurir sibuk mengantar pesanan masyarakat selama Ramadhan, namun lain bagi Min alias Tan (41). Ia sibuk mengantar Sabu, Narkotika Golongan I dalam Undang-Undang Narkotika.

Tak heran, warga Jalan Inpres, Dusun Pasar Rata, Sangatta Selatan ini, kini merasakan “nikmatnya” bulan puasa di balik jeruji. Bahkan hanya bisa mendengarkan takbir Idul Fitri dari kejauhan.

Pria kelahiran Sangatta ini, terang Kapolres Kutim AKBP Teddy Ristiawan, Ahad (19/5/2019) ditangkap Sabtu (18/5) di Jalan Haji Abdullah Sangatta Utara. Dalam keterangan persnya, dijelaskan Tan dicurigai sebagai pengedar berdasarkan rekam jejak tersangka lain yang telah ditangkap.

“Min alias Tan merupakan target lama, informasi ia terlibat dalam pengedaran Narkoba sudah lama. Saat dilakukan (pengecekan) dengan data yang dilaporkan masyarakat, tersangka Min ada kaitannya dengan beberapa tersangka lainnya,” terang Kapolres.

Bersama Kasatresnarkoba Iptu Mikael Hasugian, di penyelidikan terhadap Min yang diduga sebagai bandar besar, dilakukan dalam beberapa pekan. Namun saat dilakukan pengrebekan yang dilakukan oleh Briptu Muslimin dan Bripda  Jumadi, Sabu yang ditemukan hanya 2 poket seberat 0,56 gram.

“Satu poket  ditemukan dalam kantong celana, sedangkan satu poket lainnya sempat dibuang,” sebut Iptu Mikael seraya menambahkan, Min ditangkap Pukul 22:00 Wita saat melintas di Jalan Haji Abdullah.

Meski hanya memiliki 2 poket Sabu, Min bakal mendekam dalam waktu lama pasalnya ia disangka melanggar Pasal 114 ayat (1 ) junto Pasal 112 ayat ( 1 ) Undang-Undang  Narkotika yang ancaman hukumanya di atas 5 tahun.

Jajaran Resnarkoba Polres Kutim selain mengamankan 2 poket Sabu, juga menyita 1 unit HP, dan 1 unit Sepeda Motor.

“HP dan sepeda motor diamankan karena ada keterkaitan Min dalam melakukan aksi kejahatannya,” tutupnya. (RH)

(Visited 21 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!