Menuju Pemilu 2019, KPU Kaltim Gelar Simulasi Rekapitulasi Hasil Pemilu

0 46

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim menyelenggarakan kegiatan Simulasi Rekapitulasi Hasil Suara Pemilu Serentak Tahun 2019 Tingkat KPU Provinsi Kaltim Bersama KPU Kabupaten/Kota Seluruh Kaltim di Hotel Aston Samarinda, Rabu (3/4/2019) sore.

Kegiatan yang diikuti 10 KPU Kabupaten/Kota di Kaltim dengan diwakili Ketua, Divisi Teknis Penyelenggara, dan Wakil Divisi Teknis akan berlangsung dari tanggal 3-6 April 2019, dihadiri Ketua KPU Kaltim Rudiansyah dan anggota KPU Kaltim lainnya Fahmi Idris dan Suardi.

Dalam laporannya, ketua panitia penyelenggara simulasi Triatmaji mengatakan, dasar penyelenggaraan kegiatan ini adalah Petunjuk Teknis Kegiatan DIPA KPU Provinsi Kalimatan Timur tahun 2019, dan Hasil Rapat Koordinasi Pemantapan Pemungutan dan Penghitungan Suara.

“Hari ini KPU melakukan kegiatan simulasi pemungutan dan perhitungan suara di PPS, kemudian rekapitulasi di tingkat PPK,” jelas Rudiansyah usai pembukaan kepada DETAKKaltim.Com.

Sebelum melakukan kegiatan simulasi, kata Rudiansyah lebih lanjut, terlebih dahulu melakukan pendalaman materi hari ini. Minimal melakukan penyesuaian terhadap perubahan-perubahan yang dilakukan Mahkamah Konstitusi.

Dari kegiatan ini, masih kata Rudiansyah, diharapkan dapat tercapai kecakapan yang betul-betul merata oleh semua Komisioner yang menjadi peserta, sehingga pada hari pemungutan suara semua bisa dijamin sesuai dengan peraturan.

“Kita menghindari adanya tafsir-tafsir yang berbeda terhadap proses-proses pada hari pemungutan dan penghitungan serta pada saat rekapitulasi,” sebut Rudiansyah lebih lanjut.

Seyogianya kegiatan ini dihadiri 30 orang peserta, namun hingga pembukaan selesai belum semua peserta hadir, baru sekitar 50 persen. Hal ini membuat Ketua KPU Kaltim menggugah komitmen para komisioner, yang menurutnya memiliki tanggung jawab untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 yang tinggal 14 hari ke depan. (LVL)  

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!