Lirik Hobi Masyarakat, Desa Malinau Kota Bangun Tempat Pemancingan

0 106

DETAKKaltim.Com, MALINAU : Kepala Desa Malinau Kota Saparudin mengatakan salah satu program desanya adalah berencana akan membuka tempat pemancingan yang berada di lokasi Jalan BDMS, karena melihat kondisi masyarakat Malinau suka memancing.

Untuk itu ia melihat kondisi salah satu kolam di wilayah Desa Malinau Kota yang dapat memberikan nilai tambah, utamanya terhadap Pemerintah Desa yang selama ini tidak di manfaatkan dengan baik.

“Kita melihat hobi masyarakat di Malinau ini salah satunya adalah gemar memancing, hingga pada tempat-tempat yang cukup jauh. Di sini  kita melihat ada kolam, tetapi tidak ada ikannya, sedangkan lokasi atau tempatnya sangat mendukung dan strategis,” sebut Saparudin, Senin (25/4/2016) kepada Wartawan DETAKKaltim.Com di ruang kerjanya.

Menurutnya, saat ini pihaknya telah melakukan pembenahan jalan menuju lokasi tersebut, agar dalam melakukan kegiatan pengangkutan material, seperti bahan bangunan dan lainnya dapat dilewati kendaraan dengan baik. Untuk program yang dicanangkan desa ini, pihaknya memanfaatkan anggaran yang ada seperti dana Gerdema yang bersumber dari Pemerintah Daerah maupun Pusat.

Untuk menuju lokasi pemancingan tersebut, nantinya dapat melalui jalur Pasar Induk wilayah Desa Malinau Kota, dan jalan yang ada dapat juga terhubung dengan jalur alternatif jalan lainnya. Saparudin mengungkapkan, kolam yang menjadi program desa ini, telah dihibahkan dari masyarakat yang bersangkutan untuk dijadikan tempat pemancingan.

Selain melakukan pembenahan jalan, pihaknya telah memasukkan 18.000 benih ikan sebagai awal dari kegitan program ini. Ia berharap dengan melihat kondisi nantinya, hal ini akan dapat menjadikan daerah tersebut sebagai tempat wisata, aset desa yang bernilai ekonomis dengan produk unggulan Desa Malinau Kota.

“Kalau melihat desa yang maju, seperti daerah luar, desa itu harus mempunyai satu unggulan yang bisa dijadikan aset desa bernilai ekonomis. Karena dengan begitu dapat memberikan pengaruh wisata terhadap masyarakat lokal mau pun yang lain,” papar Saparudin.

Berkaitan dengan program Pemerintah Daerah Kabupaten maupun Pusat, yang mendorong desa untuk membangun, adalah  keselarasan program dalam menjadikan desa untuk mampu memberikan manfaat, terhadap masyarakat ada. (fen)

(Visited 7 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!