Legislator Partai Gerindra PPU : Pungli Tanggung Jawab Bersama

0 52

DETAKKaltim.Com, PPU : Pembentukan Satgas sapu bersih pungli (Saber Pungli) yang dilaksanaka di Polres Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, mendapatkan respon positip dari Anwar Sanusi, anggota DPRD PPU dari Partai Garindra.

“Pungli ini tanggung jawab kita bersama untuk mencegah dan memberantas,” sebutnya kepada Wartawan DETAKKaltim.Com di Gedung DPRD PPU, Selasa (10/1/2017).

Menurut legislator ini, masih ada titik pungli terkecil seperti di kelurahan dan Desa yang menjalankan pungutan tanpa regulasi yang jelas. Ia mencontohkan di pembuatan surat-surat tanah, sesuai dengan laporan warga di Daerah Pemilihannya.

“Setiap pelayanan seharusnya jangan ada biaya retrsibusi, kalau belum jelas regulasinya,” tegasnya.

Anwar berharap adanya Satgas Sapu Bersih Pungli di Penajam Paser Utara, benar- benar berjalan sesuai dengan harapan.

Satgas Saber Pungli di PPU dipimpin Wakapolres PPU Nina Ike Herawati sebagai Ketua Pelaksana Tugas, ia dikukuhkan Bupati Penajam Paser Utara  Yusran Aspar, Kamis (1/12/2016) lalu.

Sebelumnya, sekitar Bulan Oktober 2016 lalu, Presiden Joko Widodo telah mencanangkan pembentukan Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Jakarta. Melalui Menko Polhukam Wiranto mengharapkan peran aktif masyarakat untuk memberantas pungli dengan melaporkan jika menemukan praktek pungli di lingkungannya.

Baca juga : Perda CSR PPU Terbit, Anwar : 2017 Mulai Disosialisasikan

Laporan masyarakat bisa disampaikan melalui http://saberpungli.id/ atau sms ke nomor 1193 atau menghubungi call center 193. Laporan akan diterima oleh satgas langsung, dan identitas pelapor dijamin kerahasiaannya. (Amran)

 

(Visited 5 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!