Kasus Dugaan TPPU di Dealer Daihatsu, Membengkak Hingga Rp25 Miliar

0 157

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Berkas J (29) yang menjadi tersangka dalam tindak pidana pencucian uang (TPPU) di perusahaan mobil Daihatsu Jln PM Noor, Samarinda, Kalimantan Timur dinyatakan telah lengkap (P21) sehingga penyidik Polda Kaltim yang menangani perkara ini meningkatkan statusnya ke tahap dua, yaitu penuntutan.

Jaidun,SH. (foto:LVL)

Dari pantauan Wartawan DETAKKaltim.Com di Kejaksaan Negeri (Kejari) Samarinda, J yang dijadikan tersangka karena dinilai turut serta dalam kasus ini terlihat ditemani Jaidun, Penasehat Hukumnya. Sementara penyidik Polda Kaltim sibuk menyerahkan sejumlah tumpukan berkas kepada bagian penerimaan barang bukti di Kejari.

“Iya hari ini penerimaan berkas dan barang bukti,” ungkap Mary, salah seorang Jaksa yang menangani perkara ini, Jum’at (7/7/2017) sore.

Dijelaskan Mary, kasus ini berawal dari dugaan tindakan penggelapan sebagai tindak pidana asal. Kemudian berkembang ke arah TPPU.

Informasi awal ketika kasus ini digelar di Pra Peradilan beberapa waktu lalu, muncul dugaan nilai yang gelapkan tersangka LN yang merupakan istri J sebesar Rp5,6 Miliar. Namun belakangan setelah penyidik Polda melakukan pengembangan kasus, muncul angka sekitar Rp25 Miliar.

Terkait angka ini, Mary mengatakan nanti dalam penyusunan dakwaan akan dipanggil Daihatsunya.

Menanggapi dugaan TTPU yang dilakukan kliennya hingga mencapai angka Rp25 Miliar, Jaidun mengatakan kalau memang disebutkan seperti itu harus dibuktikan dulu.

“Kalau hanya bilang 25 M. Di mana 25 M itu, berapa mereka sita yang menyebut 25 M,” jelas Jaidun di teras Kejari Samarinda.

Berita terkait : TPPU, Polda Kaltim Ungkap Kasus Dugaan Penggelapan Rp25 Miliar

Karena itu, Jaidun ingin kasus ini terungkap di Pengadilan nanti. Ia meminta pihak Daihatsu menunjukkan hasil auditnya.

“Kita bisa melihat nanti, bisa-bisa itu melibatkan petinggi Daihatsu itu sendiri. Kita nggak tahu apakah Leni ini menjadi kambing hitam,” tandas Jaidun. (LVL)

 

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!