Kaltim League Warrior #1: Duo Mahakam Berjaya di Kandang, Sang Beruang Keok Lagi

0 38

 DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Gojek Traveloka Liga 1 telah memasuki pekan Ke-6 di mana Persegres Gresik United versus Persiba Balikpapan menjadi laga pembuka pekan ini. Dari lima pekan yang sudah berlalu, PSM Makassar berada di pucuk mahkota dengan raihan 13 poin.

Lalu bagaimana nasib tiga wakil Kaltim di Liga 1 hingga pekan Ke-5?

DETAKKaltim.Com secara khusus akan memuat segmen khusus bertitel Kaltim League Warrior yang akan mengulas nasib ketiga wakil Kaltim setiap pekannya. Di edisi pertama, kami akan sedikit mereview perjalanan PBFC, Mitra Kukar, dan Persiba Balikpapan di pekan Ke-5. Duo Mahakam berhasil meraup kemenangan kedua di kandang masing-masing, sementara Persiba kembali harus menelan pil pahit.

PBFC

Armada Dragan Djukanovic berada dalam misi berat saat PBFC melawan tim favorit juara Semen Padang. Kemenangan wajib diraih Sultan Samma cs guna menjaga asa mereka finish di papan atas klasemen Liga 1. Dukungan ribuan suporter fanatik mereka Pusamania sepertinya menjadi suplemen tambahan pada laga tersebut. Bukti sahihnya, PBFC seolah menjadi tim berbeda saat melawan Semen Padang. Borneo FC bermain dengan determinasi tinggi, super offensive, dan menerapkan pressing ketat sehingga membuat Semen Padang hanya bisa bermain bertahan dan sesekali melancarkan serangan balik.

Mendominasi sepanjang babak pertama, skor masih sama kuat 0-0. Namun di babak kedua, Dragan menemukan formula tepat dengan memasukkan pemain asli Samarinda, Sultan Samma dan Lerby Eliandry. Keduanya kemudian mampu mendongkrak permainan Pesut Etam, dan secara khusus Sultan dan Lerby berperan dalam proses gol yang diselesaikan oleh Lerby. Gol semata wayang Lerby jadi satu-satunya gol di laga tersebut dan membawa PBFC nangkring di posisi Ke-9 dengan raihan 7 poin. Pada pekan Ke-6 konsistensi PBFC akan diuji oleh raksasa terluka Bali United. Mampukah Pesut Etam meneruskan tren positif mereka?

Mitra Kukar FC

Mitra Kukar dalam kondisi pincang saat menjamu Bali United di Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang. Tim asuhan Jafri Sastra harus ditinggal oleh tiga pilar penting mereka yakni Septian David Maulana (panggilan Timnas), In Kyun Oh (akumulasi kartu) dan Jorge Gotor (cidera). Ketiga pemain yang absen merupakan kunci Mitra Kukar di empat laga awal Mitra Kukar. Tanpa mereka bertiga, Naga Mekes patut khawatir.

Kekhawatiran tersebut akhirnya terbukti. Di babak pertama Mitra Kukar tertinggal lebih dulu via gol Comvalius di menit Ke-35. Namun di babak kedua, ‘hair dryer’ Jafri Sastra berdampak positif. Mitra Kukar bermain lebih baik di babak kedua dan mampu meraih Come Back melalui gol Hendra Adi Bayau di menit Ke-55, dan Anindito di menit Ke-63. Skor 2-1 menjadi milik tuan rumah.

Sama seperti tim tetangga, hasil ini adalah kemenangan kedua Mitra Kukar dan raihan 3 poin atas Bali United mengantarkan mereka ke posisi 7 dengan raihan 8 poin. Di pekan Ke-6, Mitra Kukar akan menghadapi tim peringkat Ke-15 Persija Jakarta.

Persiba Balikpapan

Mendung hitam seolah belum mau bergeming dari Persiba Balikpapan. Hingga pekan Ke-5 belum satu kemenanganpun diraih Marlon Da Silva cs. Beruang Madu terdampar di posisi kedua buncit dengan 1 poin yang mereka miliki. Di pekan Ke-5, Persiba mendapat ujian berat dari Sriwijaya FC. Perbedaan materi pemain membuat skor berkesudahan 2-0 milik Laskar Wong Kito. Maldini Pali membuka skor di menit Ke-25 dan diikuti oleh gol Hilton Moreira di menit Ke-87.

Atas hasil ini Persiba belum beranjak dari posisi Ke-17 dengan raihan 1 poin. Di pekan Ke-6 Persiba akan menghadapi sesama tim penghuni garis merah Gresik United. Laga ini seharusnya bisa dijadikan momentum kebangkitan Beruang Madu, jika tak mau Stadion Batakan akan menjadi venue mewah di Liga 2 musim depan.

Pekan Ke-6 akan menjadi pekan yang mendebarkan bagi pendukung ketiga tim asal Kaltim, lantaran semua laga akan dihelat di luar kandang. Ikuti terus perkembangan PBFC, Mitra Kukar, dan Persiba Balikpapan di detakkaltim.com . (Ahmad)

 

 

 

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!