Jalan Bujangga Makin Amblas, Tapi Distribusi PDAM Aman

0 79

DETAKKaltim.Com, BERAU : Pendistribusian air bersih ke pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Segah yang berada di Kecamatan Tanjung Redeb akan berlangsung aman dan lancar.

Hal ini disampaikan Kepala Sub Bagian (Kasubag) Pendistribusian PDAM Tirta Segah, Padaloan Manurung saat melakukan perbaikan pipa pendistribusian air bersih milik PDAM yang bocor karena dampak penurunan tanah di kawasan Jalan Bujangga, Kamis (3/3/2016).

Seperti diketahui, kondisi kawasan Jalan Bujangga yang mengalami penurunan kerap kali membuat pipa primer, sekunder maupun tersier atau pipa SR (Saluran Rumah) milik PDAM yang berukuran 4 inci hingga 10 inci mengalami kebocoran, karena ikut menahan beban tanah dan cor beton yang turun.

Manurung menjelaskan, PDAM Tirta Segah miliki 3 pipa pendistibusian air bersih berukuran 4 inci, 8 inci, dan 10 inci yang ada ditanam di dalam tanah yang berada di Jalan Bujangga.

“Yang melewati jalur yang amblas ini ada 3 pipa yakni pipa 4 inci, 8 inci, dan 10 inci. Semuanya pipa pendistribusian baik pipa induk, sekunder maupun tersier atau pipa SR untuk yang ke rumah pelanggan,” jelasnya.

Lanjutnya, sering terjadi kebocoran atau patahnya pipa akibat kondisi yang terjadi saat ini, membuat PDAM Tirta Segah mengambil alternalif lain untuk pendistribusian air bersih ke pelanggan yakni melalui jalur pipa pendistribusian yang ada di Gang Tarap dan Kawasan Inhutani.

“Sekarang kita sudah tutup dua pipa induk ukuran 8 inci dan 10 inci yang melewati Jalan Bujangga dan kita alihkan pendistribusian airnya ke pipa kita yang berada di Gang Tarap atau kawasan Inhutani. Dari pada kita selalu disibukkan dengan perbaikan pipa yang bocor terus di sini dan pendistibusian air ke pelanggan di Tanjung juga tetap aman dan lancar,” ujarnya.

Terakhir, dirinya juga menjamin pendistribusian air bersih pelanggan yang berada di sekitar Jalan Bujangga yang amblas tetap aman, karena PDAM masih menggunakan pipa pendistribusian yang berukuran 4 inci yang ada di kawasan tersebut.

“Kalau untuk pelanggan PDAM yang ada di sini juga tetap aman karena pipa yang 4 inci ini masih kita fungsikan dan tidak mungkin kita tutup. Dan untuk debit air yang ke semua pelanggan tetap sama seperti sebelumnya, kita hanya mencari amannya saja,” tutupnya. (Sumber:Beraukab.go.id)

 

(Visited 24 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!