DPRD Kutim Dorong Pemerintah Bantu Kapal Nelayan

Jimmy : Nelayan Kita Hanya Menggunakan Perahu Kecil

0 131

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Nelayan asal Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Kaltim, saat ini masih kalah bersaing dengan Nelayan asal luar daerah yang banyak melakukan aktivitas penangkapan Ikan di Perairan Kutim.

Terbatasnya sarana dan prasarana yang dimiliki menjadi salah satu kendala. Seperti kemampuan Perahu yang dimiliki masih tidak sebanding dengan Kapal yang dimiliki Nelayan luar daerah.

Kendala yang dihadapi para Nelayan asal  Kutim ini mendorong Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) meminta agar Pemerintah Daerah, bisa memberikan bantuan Kapal bertonase lebih besar untuk para Nelayan.

Anggota DPRD Kutim Jimmy mengatakan, bantuan Kapal Nelayan yang lebih besar ini dimaksudkan untuk membantu para Nelayan melakukan aktivitas perikanan di Laut, dengan jangkauan yang lebih jauh.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menyebutkan, selama ini para Nelayan lokal hanya dapat melakukan aktivitas menangkap Ikan tidak terlalu jauh dari bibir Pantai, karena memang hanya menggunakan Perahu ukuran kecil.

“Nelayan kita hanya menggunakan Perahu kecil, sehingga hasil tangkapan yang diperoleh juga tidak begitu maksimal,” katanya beberapa hari lalu.

Dengan adanya bantuan Perahu yang memadai, kata  Jimmy lebih lanjut, dipastikan pendapatan para Nelayan juga akan dapat meningkat, guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca juga : Cegah Kluster Musrenbang, Anggota DPRD Kutim Minta Peserta Dibatasi

Jimmy menambahkan, potensi Perikanan di Kutim sangat besar. Bahkan Nelayan dari luar daerah berdatangan untuk menangkap Ikan. Dia menguraikan pontensi Perikanan yang berada di antara pulau-pulau kecil di Kutim, salah satunya di Perairan Sangkulirang.

“Terutama di Sangkulirang, Pulau Miang dan sebagainya. Itu kan habitat Ikan yang mungkin lebih potensial,” jelasnya.

Meski demikian, kata Jimmy, potensi Perikanan Kutim selama ini belum dikelola dengan maksimal. Begitupun Nelayan belum menyeluruh memiliki sarana dan prasarana atau alat tangkap yang mumpuni.

“Kita berharap pemerintah supaya lebih mengembangkan lagi potensinya,” pungkasnya. (DK.Com/adv.)

 Penulis : RH

Editor   : Lukman

(Visited 13 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!